Koto Marapak Wakili Pariaman dalam Penilaian PKK KB-Kes


Rabu, 23 Desember 2015 - 02:35:40 WIB
Koto Marapak Wakili Pariaman dalam Penilaian PKK KB-Kes

Wakil Walikota Pa­ria­man, Genius Umar menga­takan mengatakan,  ke­da­tang­an tim penilai jelas memberikan arti yang besar terhadap pembangunan Ko­ta Pariaman dalam me­ning­katkan kesejahteraan ma­sya­rakat. Dan kegiatan ini hen­dak­nya mampu menjadi se­suatu yang efektif dan ber­manfaat dalam upaya me­nunjang pembangunan da­erah dengan prestasi-prestasi dalam setiap bidang.

Saat ini,  Kota Pariaman dengan 4 kecamatan punya 7 unit puskesmas induk, 12 unit puskesmas pembantu, 18 unit polindes serta 42 unit poskesdes.  Dan ter­hadap pelayanan KB, juga telah tersedia unit pe­la­yanan KB untuk men­jang­kau wilayah- wilayah yang ada di Kota Pariaman yang didukung  mobil unit pe­ne­ra­ng­an KB guna mem­beri­kan informasi program KB dan kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Genius menjelaskan, setiap tahun Pemerintah Kota Pariaman terus me­leng­kapi sarana pelayanan KB dan kesehatan untuk Puskesmas, bidan desa dan para kader,  seperti Obgyn Bed, KIE Kit, Implant Kit, IUD Kit dan BKB Kit.

Sementara dari segi per­sonel, kota ini telah  me­miliki  178 orang bidan tersebar di berbagai institusi pelayanan kesehatan se­bagai tenaga pelayanan dan 14 orang penyuluh KB se­bagai tenaga motivator yang sudah dilengkapi dengan kendaraan roda dua dan media penyuluhan lainnya serta 137 Posyandu dengan dukungan kader sebanyak 1.090 orang,

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

Wakil Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny Lucy Genius mengatakan, ke­giatan penilaian sekaligus evaluasi kesatuan gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2015 ting­kat Provinsi Su­ma­tra Barat, Kota Pariaman diwakili  De­sa Koto Marapak.

Operasional kesatuan gerak PKK KB-Kes  di­fo­kus­kan kepada upaya pe­ning­katan partisipasi ke­luarga dalam pelayanan Keluarga Berencana, pe­rila­ku hidup bersih dan se­hat(PHBS), kesehatan ling­kung­an dan meningkatkan aktifitas Posyandu sebagai sarana pelayanan kesehatan terpadu.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Tim penilai Provinsi Sumbar yang diketuai Eti Zachclul mengatakan, ke­datangan­nya tidak hanya sekedar menilai tapi juga melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap pro­gram PKK-KB Kes yang sudah dilaksanakan di Kota Pariaman secara umum.

Tim menilai empat ka­tegori yaitu, pelaksanaan terbaik PKK-KB kes , pe­lak­sanaan terbaik Posyandu, pelaksanaan terbaik ling­kungan bersih dan sehat, pelaksana PHBS rumah tangga.

Baca Juga : Komisi I DPRD Solsel Terima Aspirasi Masyarakat saat Kunker di Kecamatan KPGD

­Ketua tim juga mem­per­kenalkan anggota tim yang dibawa dari Provinsi Sum­bar, yaitu Nazli Nazir dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Amrison dari BKKBN Provinsi Su­matera Barat, dan Fauziah dari PKK Provinsi Sumatera Barat. (h/tri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]