Jumlah Bencana Tahun 2015 Cukup Tinggi


Rabu, 23 Desember 2015 - 03:06:31 WIB
Jumlah Bencana Tahun 2015 Cukup Tinggi

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang, kasus kebakaran yang ditangani pada tahun ini yakni sebanyak 348 kali. Sedangkan untuk bencana lain seperti banjir, longsor, pohon tumbang dan lainnya sebanyak 295 kasus.

“Data ini pertanggal 20 November 2015,” kata Kepala BPBD-PK Kota Padang, Dedi Henidal saat dikonfirmasi, kemarin.

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

Sedangkan menurut data pada tahun 2014, angka bencana seperti kebakaran yakni 322 kasus. Untuk bencana lain yakni pohon tumbang, banjir, longsor dan sebagainya hanya 112 kasus pada tahun itu.

“Angkanya memang meningkat pada tahun 2015 ini,” aku Dedi Henidal.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

Penyebab meningkatnya kasus kebakaran pada 2015 salah satunya yakni terjadinya korsleting listrik. Serta kelalaian warga yang membuat terjadinya kebakaran tersebut.

“Seyogyanya instalasi listrik mesti dicek secara berjangka dalam waktu sepuluh tahun, sedangkan seperti kita ketahui banyak instalasi yang usianya telah puluhan tahun. Ini tentu mengundang bahaya kebakaran,” sebut Dedi.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

Dedi menyebut pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat, termasuk pengusaha dan seluruh ASN di lingkup Pemko Padang supaya menyiapkan racun api di kantor maupun di kendaraan masing-masing. Tidak hanya itu, gedung-gedung perkantoran juga diimbau untuk menyiapkan hydrant air sebagai persiapan bila terjadi kebakaran.

“Seluruh gedung perkantoran milik Pemko Padang wajib memiliki hydrant, termasuk gedung lain milik swasta. Nanti pada tahun 2016, kita akan turun dan melakukan pengecekan di masing-masing gedung kantor. Bila ada gedung yang melanggar tentu akan kita laporkan,” ungkapnya.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

Terkait meningkatnya kasus bencana lain seperti banjir, longsor dan pohon tumbang, Dedi menyebut semua itu merupakan faktor alam. Dedi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. “Masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana,” pungkasnya.(h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]