Dishubkominfo Beraksi

Truk Parkir di Jalan by pass Diderek Paksa


Rabu, 23 Desember 2015 - 03:08:22 WIB
Truk Parkir di Jalan by pass Diderek Paksa Dinas Perhubungan dan Kominfo Padang menderek truk bandel yang selalu parkir di pinggiran jalan bypass.

Sebelumnya Walikota Padang Mahyeldi Ans­ha­rullah meninjau jalan by­pass. Walikota mendapati banyak truk yang parkir di pinggir jalan, sehingga meng­ganggu pengguna jalan dan pengerjaan jalan.

Selain adanya temuan walikota terhadap truk na­kal tersebut, Dishub­komin­fo melakukan penertiban karena jadwal rutin mereka.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

Menurut Kepala Ka­dishubkominfo Kota Pa­dang melalui Sekretaris Dishubkominfo Yudi Indra Syani, Selasa (22/12), pe­nertiban rutin dilakukan. Hanya saja selama ini masih ada truk yang nakal ketika petugas tidak berada di la­pangan. Padahal pihaknya rutin memantau.

“Namanya truk memang tidak bisa kita prediksi kapan mau parkir di pinggir jalan. Padahal kita rutin menertibkan, apakah itu angkot ataupun truk,” ucap Yudi Indra Syani.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Dalam aksi yang dimulai kemarin itu, satu truk ber­hasil diderek ke Koto La­lang. Walaupun hanya satu truk yang diderek imbasnya sangat besar bagi pemilik dan sopir truk yang lain. Pihaknya bukan tidak mam­pu untuk menderek seluruh truk yang parkir, namun truk cukup besar.

“Efek jera yang kita be­rikan itu sangat besar. Ter­bukti setelah kita derek satu truk saja, terlihat di se­panjang jalan bypass tidak ada lagi truk yang parkir sesuka hati,” paparnya.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Aksi penertiban dan agen­da rutin ini dilakukan hingga akhir Desember men­datang. Untuk pe­nerti­ban pertama dishub­ko­min­fo menurunkan sebanyak 25 orang personel.

Sedangkan untuk tindak lanjut ke depan agar pemilik truk memberikan pema­haman kepada sopirnya sudah diberikan pem­beri­tahuan. Malah, kata Yudi, pihaknya selalu mewanti-wanti pemilik truk agar patuh kepada aturan lalu lintas.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

“Apalagi kondisi jalan bypass saat ini sedang da­lam perbaikan. Jika truk parkir bisa mengganggu pengerjaan dan pengendara lainnya,” tegas Yudi Indra Syani.

Salah seorang sopir truk Toni kepada Haluan, Selasa (22/12), mengaku bahwa jalan bypass memang belum kon­dusif. Kondisi jalan yang bu­ruk dan tempat makan yang sudah banyak berkurang mem­buat dia terpaksa me­mar­kir truknya di pinggir jalan.

“Kondisi macet, rumah makan yang sudah banyak tutup. Jadi kami terpaksa parkir, belum kondisi jalan yang buruk. Kami kalau lewat bypass ini kadang hampir satu jam,” terangnya.

Ia berharap jalan bypass bisa cepat selesai, sehingga sarana dan prasarana untuk sopir truk juga terpenuhi.(h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]