Daerah Dapat Bayar BPJS Kesehatan di Kantor Pos


Rabu, 23 Desember 2015 - 03:18:00 WIB
Daerah Dapat Bayar BPJS Kesehatan di Kantor Pos

Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Pos Padang, Fediyan Syahputra kepada wartawan, Selasa (22/12). “PT Pos Indonesia telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam hal pembayaran atau melunasi angsurannya di kan­tor pos,” katanya.

Fediyan mengatakan, upa­ya tersebut dilakukan untuk memperbantu atau memu­dah­kan peserta BPJS Kesehatan dalam hal pembayarannya. “Peserta BPJS Kesehatan ti­dak usah jauh lagi untuk mem­bayar ke bank, sekarang telah dapat membayar di kantor pos seluruh kecamatan atau kelu­rahan yang ada, sehingga lebih mudah dan cepat,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk wilayah di Padang telah terdapat 26 cabang dan 535 agen pos di setiap perumahan. Setiap cabang dan agen di Padang dalam pelayanan pem­bayaran buka hingga malam.

Dilanjutkan Fediyan, pem­ba­yaran tersebut secara resmi diberlakukan mulai pada Se­nin (21/12) kemarin. Secara sistem pembayaran BPJS Ke­se­hatan selain di Padang, juga sudah dapat dilakukan di 19 kabupaten/kota kantor pos di Sumbar.

“Kantor pos punya ke­untu­ngan. Kantor pos tersebar di seluruh daerah sampai pelosok dan sudah mempunyai jari­ngan online. Peserta BPJS Kesehatan yang akan ber­tran­saksi lewat kantor pos tidak perlu khawatir, karena sistem yang ada sudah memadai,” ujarnya.

Untuk mekanisme pemba­yaran, katanya, dilakukan se­derhana, sama dengan pem­bayaran-pembayaran lain. “Na­sabah datang ke kantor pos, kemudian bayar iuran sesuai dengan pilihan paket BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui Kantor Pos Indonesia diresmikan di Ka­bu­paten Sumedang, Jawa Ba­rat, Senin (21/12) oleh Direk­tur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi W Setijono.

Dikatakan Gilarsi, ada hal yang disepakati BPJS Kese­hatan dan Pos Indonesia seba­gaimana dituangkan dalam perjanjian kerja sama. Pertama mengenai distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS), kedua pengelolaan surat tunggakan atau reminding letter dan ketiga penerimaan pem­baya­ran iuran BPJS Kesehatan melalui Kantor Pos secara online.

“Kami menyambut baik dan siap untuk melakukan pengantaran KIS bagi peserta BPJS Kesehatan lainnya baik peserta perusahaan maupun individual,” ujarnya. (h/nas)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]