KPU Tetapkan Zul Elfian Sebagai Walikota Solok Terpilih


Sabtu, 26 Desember 2015 - 03:06:39 WIB
KPU  Tetapkan Zul Elfian Sebagai Walikota Solok Terpilih Pasangan calon Walikota Solok, Irzal Ilyas dan Alfauzi Bote menunjukkan jiwa besarnya, meskipun kalah, tetap menghadiri Rapat pleno terbuka KPU tentang penetapan calon terpilih.

Ketua KPU Kota Solok, Budi Santosa  mengatakan, sesuai aturan apabila dalam tempo tiga hari setelah rapat pleno penghitungan suara tidak ada gugatan dari pasa­ngan lain, maka KPU dapat menetapkan kepala daerah terpilih berdasarkan hasil rekapitululasi perolehan suara.

“Berdasarkan ketentuan Pasal 13 huruf k UU No­mor 8 tahun 2015 dan Ke­pu­tusan KPU Kota Solok Nomor 77 tahun 2015, KPU Kota Solok mener­bit­kan Keputusan Nomor 78 tahun 2015 tentang Peneta­pan Pasangan Calon Wali­kota dan Wakil Walikota Terpilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Wali­kota Solok tahun 2015. Yaitu H. Zul Elfian Dt. Tianzo, SH. MSi (sebagai Walikota terpilih) dan Rei­neier Dt. Intan Batuah, ST. MM (sebagai Wakil Wali­kota terpilih) dengan pero­lehan suara 14.887 (46,83  persen) dari total suara sah,” kata Budi Santosa.

Lebih jauh Budi Santosa mengatakan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2015 Pasal 62 (3) KPU Kab./Kota menyam­paikan Berita Acara dan Keputusan Tentang Peneta­pan Pasangan Calon Wali­kota dan Wakil Walikota Terpilih kepada DPRD Kab./Kota. KPU Kota So­lok akan segera menyam­pai­kan Keputusan KPU Kota Solok Nomor 78 Ta­hun 2015 kepada DPRD Kota Solok sebagai bahan untuk pengajuan Pengu­sulan Pengesahan Pengang­katan Pasangan Calon Ter­pi­lih Walikota dan Wakil Walikota Solok sesuai de­ngan ketentuan perundang-undangan.

Pada kesempatan itu, Budi juga mengucapkan te­ri­makasih dan peng­hargaan yang setinggi-tingginya ke­pa­da banyak pihak. Isti­mewa KPU Kota Solok mengucapkan terimakasih kepada Pasangan Calon dan seluruh tim kampanye serta tim pendukung yang telah mewujudkan Pemilihan Ba­dun­sanak, aman, damai dan berkualitas dengan bukti partisipasi pemilih di Kota Solok selalu menunjukkan peningkatan, mulai dari Pilkada tahun 2005 (61  persen), Pilkada 2010 (68 persen) dan Pilkada 2015 (71 persen).

“Kami sangat bersyukur karena proses penetapan calon terpilih ini berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh pasangan yang menang dan  yang  kalah. Ini men­jadi bukti bahwa Pemilu Badunsanak di Kota Solok tidak hanya sekedar slogan belaka,melainkan betul be­tul dilaksanakan dengan sungguh sungguh,” ujar Budi Santosa.

Sementara itu Pj Wali­kota Solok, Asrizal Asnan mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan Zul Elfian dan Reinier sebagai Walikota dan Wakil Wali­kota Solok terpilih. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada  warga Kota Solok yang telah meng­gunakan hak pilihnya de­ngan baik, se­hing­ga persen­tase parti­sipasi pemilih Kota Solok nomor dua ter­ting­gi di Sumatera Barat. Partisipasi pemilih Kota Solok mencapai angka 71 persen lebih, hanya ka­lah tipis dari Kabupaten Dhar­masraya.

“Mudah mudahan Zul Elfian dan Rainier dapat membawa Kota Solok ke arah yang lebih baik dan kepada masyarakat Kota Solok saya minta untuk melupakan selaga perbe­daan selama proses Pilkada. Mari kita bersama sama membangun kota kita ini dan selalu mengawasi setiap kinerja dan kebijakan peme­rintah. Agar Pemrintah da­lam mengambil kebijakan selalu pro rakyat,” kata Asrizal Asnan. (h/eri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]