Museum Adityawarman Kekurangan SDM Berkompeten


Sabtu, 26 Desember 2015 - 03:13:43 WIB
Museum Adityawarman Kekurangan SDM Berkompeten

Museum saat ini masih kekurangan SDM berkom­peten.

Kepala UPTD Museum Adityawarman Noviyanti mengatakan, untuk pena­taan ruang pamer ini pihak­nya mengusung konsep dio­rama yakni menampilkan suasana perkampungan Mi­nangkabau zaman dahulu yang digambarkan dalam bentuk fisik dan lukisan, serta memamerkan sejum­lah kerajinan tangan masya­rakat di zaman itu.

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

“Ruang pamer kita ini, kan, ada dua sisi. Yang sebelah kiri diorama, dan sebelah kanan ruangan diisi dengan berbagai jenis kera­jinan tangan perempuan Minangkabau, serta sejum­lah karya anak nagari. Se­perti anyaman perempuan Minang, tembikar, hasil jahitan perempuan Minang dan banyak lagi yang lain­nya,” ujarnya, Kamis (24/12).

Dijelaskannya, untuk diorama ini, terlihat jelas sekali bagaimana suasana kampung Minang. Dalam diorama ini, perkampungan berada di kawasan per­bu­kitan. Di sekitar bukit, ada rumah penduduk, ada surau, ada palanta, kadai kawa daun, sungai, sawah dan kegiatan perkampungan lainnya.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

“Rencananya nanti kita akan buatkan dalam 3D, dan kalau sudah melihat ini, kita terasa berada di per­kam­pungan itu sendiri. Inilah salah satu yang menjadi daya tarik pengunjung ke sini,” ulasnya.

Selain itu, untuk per­baikan fisik bangunan pi­haknya juga sudah mela­kukan revitalisasi terhadap pagar luar taman, dan per­baikan terhadap gudang.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

“Untuk revitalisasi gu­dang, kita akan melakukan pembenahan agar gudang kita ini layak untuk dikun­jungi. Jadi, bukan gudang yang ada dalam pikiran banyak orang, yang isinya tidak teratur dan beran­takan,” ujarnya.

Terkait SDM, ia me­nga­ku memang kewalahan un­tuk kuantitas dan kualitas SDM karena dari sekian banyak program perbaikan dan pembenahan jika diban­dingkan dengan SDM yang ada dan berkompeten, tidak seimbang. Ia juga sudah pernah melakukan permin­taan penambahan untuk SDM, namun hingga saat ini belum ketemu.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

Namun demikian, pi­hak­nya tidak kehilangan akal. Dengan melakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi, untuk memberdayakan mahasis­wa tahun akhir agar magang di museum dan diberikan pemahaman bagaimana me­reka memberikan daya ta­rik dan pemahaman ten­tang museum pada pengun­jung dan masyarakat di ling­kungannya.

Sementara itu, untuk peningkatan pengujung ta­hun 2015 ini cukup sig­nifikan dikarenakan oleh banyaknya kegiatan-kegia­tan yang dilaksanakan di lokasi museum. Baik itu kegiatan yang bersifat lokal, maupun itu kegiatan yang bersifat nasional. Seperti kegiatan rutin yang dila­kukan museum adalah atraksi budaya.

“Kalau untuk kegiatan yang besar, kita juga telah menjadi tuan rumah Fes­tival Kain Nusantara. Ke­giatan ini menampilkan koleksi-koleksi kain se In­donesia dengan 34 peserta. Kemudian, Festival Soto, Sate dan Rendang juga di­ada­kan oleh Kemen­pare­kraf di sini,” tambahnya.

Bahkan, dalam tahun ini banyak tokoh-tokoh na­sional yang mengunjungi museum ini. Seperti mantan presiden RI Susilo Bam­bang Yudoyono bersama istrinya pada 28 Oktober lalu mengunjungi museum ini. Tentunya, ini akan men­jadi ikon museum untuk menarik pengunjung.

Menurutnya, pening­ka­tan jumlah pengunjung juga tidak terlepas dari fasilitas yang disediakan. Pengun­jung saat ini telah bisa me­ngakses internet dengan gratis di museum, karena museum menyediakan wifi gratis. Untuk mengetahui koleksi museum, calon pe­ngunjung bisa terlebih da­hulu untuk mengunjungi website resmi Museum Adi­t­yawarman.

Untuk koleksi di mu­seum ini jelasnya, saat ini telah ada sebanyak 6176 koleksi. Sedangkan di tahun di 2015 ini telah bertambah pula sebanyak 15 koleksi. Koleksi itu terdiri dari et­nografi, keramik, folologi, tekhno­logika, geologika dan jenis koleksi lainnya.  (h/mg-rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]