Belum Sepekan Ops Lilin

7 Korban Lakalantas Meninggal Dunia


Senin, 28 Desember 2015 - 02:38:15 WIB
7 Korban Lakalantas Meninggal Dunia

Demikian diungkapkan Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Riau, Kom­bes Pol Guritno Wibowo, kepada Haluan Riau, Ming­gu (27/12). Dikatakan Gu­rit­no, angka tersebut tercatat hingga Sabtu (26/12).

“Hingga Sabtu (26/12), kita mencatat sudah terjadi 8 kasus lakalantas, dimana tujuh orang dinyatakan me­ninggal dunia. Sementara, korban luka berat ada 6 orang, dan luka ringan ada 12 orang. Dengan total ke­ru­gian materil sekitar Rp43.­050.000,” ungkap Guritno.

Selain itu, lanjut Gurit­no, pihaknya juga mencatat sebanyak 262 kasus pelang­garan di jalan raya. “176 kasus diambil dengan tin­dakan tilang dan sisanya sebesar 86 kasus diberi tindakan teguran,” lanjut Guritno.

Lebih lanjut Guritno mengatakan kalau pelak­sanaan Ops Lilin Siak 2015 ini akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Termasuk mengan­tisipasi lonjakan pengguna ken­daraan pada libur Ta­hun Baru. Terkait hal ini, di­rinya mengimbau agar pengguna kendaraan mem­­­per­siapkan dan selalu mem­­bawa Surat Izin Me­nge­­mudi dan Surat Tanda No­mor Kendaraan (ST­NK), pada saat meng­gu­na­kan kendaraan bermo­tor.

Selain itu, pengguna ken­­­daraan diharapkan sela­lu menggunakan alat bantu keselamatan seperti helm, jaket, kacamata, sarung ta­ngan, sabuk keselamatan, dan lain-lain, pada saat me­ngen­darai atau mengemudi kendaraan bermotor. “Pa­tuhi peraturan lalu lintas. Waspada dan jaga kese­la­matan selama perja­lanan,” ingat Guritno Wibowo.

Guritno juga berpesan ke­pada masyarakat untuk mem­perhatikan barang ber­har­­ga yang dibawa jika hen­dak memakirkan ken­da­ra­an. Gunakan selalu kunci gan­da pada kendaraan, serta par­­kirlah kendaraan pada tem­­pat yang telah dise­dia­kan. Sedangkan, jika me­ning­galkan rumah dalam ke­adaan kosong, untuk me­ma­tikan aliran listrik yang, mengunci seluruh pintu dan jendela, melaporkan kepada Ketua RT/RW setempat, memberitahukan tetangga bahwa rumah dalam ke­adaan kosong. “Sehingga petugas Siskamling atau ronda memberi perhatian khusus terhadap rumah yang ditinggalkan,” tukas Guritno.

Terakhir, Guritno juga berpesan agar segera mem­beritahukan kepada Kantor Polisi terdekat, apanila melihat dan atau me­nga­lami kecelakaan lalulintas. “Hal tersebut, agar anggota di lapangan segera mem­berikan bantuan,” pungkas Guritno. (h/dod)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]