Belum Sepekan Ops Lilin

7 Korban Lakalantas Meninggal Dunia


Senin, 28 Desember 2015 - 02:38:15 WIB

Demikian diungkapkan Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Riau, Kom­bes Pol Guritno Wibowo, kepada Haluan Riau, Ming­gu (27/12). Dikatakan Gu­rit­no, angka tersebut tercatat hingga Sabtu (26/12).

“Hingga Sabtu (26/12), kita mencatat sudah terjadi 8 kasus lakalantas, dimana tujuh orang dinyatakan me­ninggal dunia. Sementara, korban luka berat ada 6 orang, dan luka ringan ada 12 orang. Dengan total ke­ru­gian materil sekitar Rp43.­050.000,” ungkap Guritno.

Selain itu, lanjut Gurit­no, pihaknya juga mencatat sebanyak 262 kasus pelang­garan di jalan raya. “176 kasus diambil dengan tin­dakan tilang dan sisanya sebesar 86 kasus diberi tindakan teguran,” lanjut Guritno.

Lebih lanjut Guritno mengatakan kalau pelak­sanaan Ops Lilin Siak 2015 ini akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Termasuk mengan­tisipasi lonjakan pengguna ken­daraan pada libur Ta­hun Baru. Terkait hal ini, di­rinya mengimbau agar pengguna kendaraan mem­­­per­siapkan dan selalu mem­­bawa Surat Izin Me­nge­­mudi dan Surat Tanda No­mor Kendaraan (ST­NK), pada saat meng­gu­na­kan kendaraan bermo­tor.

Selain itu, pengguna ken­­­daraan diharapkan sela­lu menggunakan alat bantu keselamatan seperti helm, jaket, kacamata, sarung ta­ngan, sabuk keselamatan, dan lain-lain, pada saat me­ngen­darai atau mengemudi kendaraan bermotor. “Pa­tuhi peraturan lalu lintas. Waspada dan jaga kese­la­matan selama perja­lanan,” ingat Guritno Wibowo.

Guritno juga berpesan ke­pada masyarakat untuk mem­perhatikan barang ber­har­­ga yang dibawa jika hen­dak memakirkan ken­da­ra­an. Gunakan selalu kunci gan­da pada kendaraan, serta par­­kirlah kendaraan pada tem­­pat yang telah dise­dia­kan. Sedangkan, jika me­ning­galkan rumah dalam ke­adaan kosong, untuk me­ma­tikan aliran listrik yang, mengunci seluruh pintu dan jendela, melaporkan kepada Ketua RT/RW setempat, memberitahukan tetangga bahwa rumah dalam ke­adaan kosong. “Sehingga petugas Siskamling atau ronda memberi perhatian khusus terhadap rumah yang ditinggalkan,” tukas Guritno.

Terakhir, Guritno juga berpesan agar segera mem­beritahukan kepada Kantor Polisi terdekat, apanila melihat dan atau me­nga­lami kecelakaan lalulintas. “Hal tersebut, agar anggota di lapangan segera mem­berikan bantuan,” pungkas Guritno. (h/dod)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 12:31:07 WIB

    170 Wisatawan Asal China ke Pariaman, Benarkah Bebas Virus Corona?

    170 Wisatawan Asal China ke Pariaman, Benarkah Bebas Virus Corona? PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 170 wisatawan asal China datang ke Kota Pariaman. Kendati beredar informasi tentang virus corona yang mewabah di China, namun semua wisatawan dijamin tidak ada yang terjangkit virus ters.
  • Ahad, 01 Desember 2019 - 08:52:49 WIB

    Agar Liburan Asyik, Ayo Ikuti 7 Tips Ini

    Agar Liburan Asyik, Ayo Ikuti 7 Tips Ini WISATA,HARIANHALUAN.COM-Penghujung tahun hampir tiba. Biasanya, banyak orang memiliki waktu luang untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Agar liburan semakin menyenangkan, kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus mengha.
  • Ahad, 06 Oktober 2019 - 22:08:28 WIB

    70 Perantau Minang dari Wamena Tiba di BIM

    70 Perantau Minang dari Wamena Tiba di BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM— Sebanyak 70 orang perantau Minang kembali berdatangan dari Wamena, Papua, Minggu (6/10). .
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 23:46:27 WIB

    Turun 12 Persen, 5.471 Wisman Kunjungi Sumbar Selama April

    PADANG, HALUAN - Data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar menyebutkan selama April 2019, sebanyak 5.471 orang Wisatawan Mancanegara (Wisman) datang ke Sumbar melalui Bandara Internasional Minang Kabau (BIM).
  • Selasa, 23 Mei 2017 - 07:36:08 WIB

    Musprov IMI Riau 2017 Resmi Dibuka

    PEKANBARU, HALUAN - Mengusung tema "Dengan Konsolidasi Organisasi, Kita Tingkatkan Prestasi IMI riau ke depan" Musprov IMI 2017 resmi digelar. Ini merupakan Musprov ke-7 di wilayah Riau. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM