Nagari Harus Bikin Pelarangan

GP Ansor Kecam Orgen Tunggal Larut Malam


Senin, 28 Desember 2015 - 02:45:40 WIB

Hal itu diungkapkan Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Padang Pariaman Zeki Aliwardana, Sabtu (26/12), malam pada Rapat Kerja Cabang (Rakercab) GP Ansor Padang Pariaman di sekretariat PC NU Padang Pariaman, di Kampung Baru, Kota Pariaman.

Rapat Kerja dihadiri Sekretaris PC GP Ansor Padang Pariaman Alva Anwar, pengurus dan kader Ansor di Padang Pariaman yang berjumlah lebih dari 30 orang. Rakercab selain mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan Ansor Padang Pariaman, juga persiapan penyambutan kedatangan Ketua Umum PBNU Prof.KH. Said Aqil Siraj ke Padang Pariaman, awal Januari 2016 ini.

Menurut Zeki Aliwardana, pertunjukkan organ tunggal sampai menjelang subuh dini hari tidak saja mengganggu kenyamanan orang di sekitarnya, tapi juga mengundang maksiat. Banyak terjadi pertunjukkan organ tunggal hingga tengah malam menjelang subuh menampilkan penyanyi berpakaian seronoh dan sangat tidak sopan. Termasuk adanya minuman keras yang bisa memancing terjadinya tindak kriminal.

 “Memang sudah ada Perda terkait pertunjukan organ yang diboleh hingga pukul 24.00 WIB malam. Kenyataannya, peraturan tersebut tidak jalan. Sehingga pertunjukan organ di banyak tempat di Padangpariaman tetap saja melewati batas waktu tersebut. Ansor berharap pembatasan pertunjukan organ hanya hingga pukul 23.00 WIB,” kata Zeki Aliwardana.

Ansor Padang Pariaman mendesak Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman yang melahirkan Perda bisa lebih mengontrol pelaksanaanya. Ke depan, Ansor berharap Walinagari agar membuat Peraturan Nagari (Perna) terkait pengaturan pertunjukan organ ini.

Keprihatinan Ansor terhadap pertunjukan organ yang hingga larut malam tersebut juga dikeluhkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang Pariaman. “Kami sudah mendengar langsung dari Ketua MUI Padang Pariaman Dr. Zainal Tuanku Mudo. Beliau prihatin pertunjukan organ yang sudah melampaui norma-norma yang ada di tengah masyarakat Padang Pariaman,” tutur Zeki, mantan Sekretaris Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Pariaman.

Sejak beredarnya pertunjukan organ tunggal seronoh di yuotube, sudah ada perantau Piaman yang meng­hubungi via handphone. “Mereka mem­per­tanyakan terkait dengan organ tunggal. Mereka juga menyatakan keprihatinan karena tidak pernah menyangka pertunjukkan organ sudah mengarah ke perbuatan maksiat ada di kampong halamannya,” tambah Zeki.

Untuk penertiban pertunjukan organ dengan pembatasan waktu hingga pukul 23.00 WIB, ada baiknya harus ada izin dari pihak kepolisian, misalnya Polsek. Jika dalam pelaksanaannya sudah melewati pukul 23.00 WIB, pihak kepolisian bisa bertindak tegas. Pembatasan waktu pertunjukan ini bukan berarti mematikan usaha organ, tapi silakan siang hari dan tidak diwarnai dengan penampilan penyanyi berpakaian tidak sopan.

“Ansor tidak ingin generasi muda di Padangpariaman yang awalnya dirusak oleh pertunjukan organ yang diwarnai dengan maksiat. Kita mengajak berbagai elemen masyarakat Padangpariaman, mari selamatkan generasi muda dari kehancuran moral,” ulas Zeki Aliwardana. (h/bus)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 20 September 2020 - 08:25:04 WIB

    Resmikan Minimarket, Bupati Pessel juga akan Bangun Pasar di GPU

    Resmikan Minimarket, Bupati Pessel juga akan Bangun Pasar di GPU HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni akan membangun sebuah pasar di Nagari Gurun Panjang Utara Pesisir Selatan pada 2021 mendatang. Hal tersebut disampaikan bupati pada peresmian minimarket GPU Mart yang dikel.
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 19:58:09 WIB

    Jelang Pilkada, Kesbangpol Pasbar Ajak Masyarakat Jaga Situasi Kondusif

    Jelang Pilkada, Kesbangpol Pasbar Ajak Masyarakat Jaga Situasi Kondusif HARIANHALUAN.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengajak seluruh lapisan masyarakat dan peserta Pilkada agar dapat saling menghargai dan menjaga situasi agar tetap kondusif d.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 17:10:12 WIB

    Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pessel

    Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bersama Tim Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba (TFP2N) menggelar sosialisasi pencegahan narkoba ke 15 sekolah yang ada di daerah itu..
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:31:49 WIB

    Kesbangpol Sumbar Berikan Pembekalan P4GN

    Kesbangpol Sumbar Berikan Pembekalan P4GN BUKITTINGGI, HALU­AN — Tingginya angka pe­ng­guna narkotika di Sumbar, menjadi perhatian yang serius bagi Pemrov Sumbar dalam menanggulangi bahaya pen­yalah­gunaan dan peredaran gelap narkoba..
  • Rabu, 06 Juli 2016 - 09:50:31 WIB

    Ribuan Jemaah Id Tumpah Ruah di Lapangan Kantin Padangpanjang

    Ribuan Jemaah Id Tumpah Ruah di Lapangan Kantin Padangpanjang PADANG PADANG, HALUAN - Ribuan masyarakat dan perantau di Kota Padang Panjang tumpah ruah di Lapangan Anas Karim atau yang biasa dikenal dengan sebutan Lapangan Kantin kota setempat, Rabu (6/7) pagi ini. Ramainya kedatangan m.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]