Pj Bupati Peroleh Penghargaan KI


Senin, 28 Desember 2015 - 02:47:12 WIB
Pj Bupati Peroleh Penghargaan KI PENJABAT Bupati Padang Pariaman Rosnini Savitri didampingi Bupati Terpilih Ali Mukhni beserta jajaran bagian humas usai meraih Peringkat satu pada Pemeringkatan Badan Publik Se-Sumatera Barat. (BUSTANUL ARIFIN)

Dalam sam­bu­tan­nya, Irman Gusman ber­harap Sumatera Barat me­n­jadi pionir dalam ke­ter­bukaan informasi publik untuk membangun kultur demokrasi di minangkabau. “Kita dukung keberadaan Komisi Informasi dalam mengawal keterbukaan in­formasi,” kata Irman.

Ketua Komisi Informasi Pusat mengapresiasi Komisi In­formasi Sumbar yang da­lam waktu 14 bulan sejak di­lan­tik, telah mampu me­nye­lenggarakan pemringakatan Badan Publik. Artinya KI Sum­bar bergerak cepat da­lam menjalankan amanah se­­suai Undang-undang Ke­terbukaan Informasi Publik.

“Kita apresiasi KI Sum­bar yang baru dibentuk telah berlari cepat melakukan pe­meringakatan Badan Pu­blik,” kata Hamid. Ditam­bahkannya bahwa hingga saat ini telah terbentuk 28 Komisi Informasi Propinsi. sedangkan sisanya akan diupayakan selsai pada ta­hun 2016.

Pada kesempatan itu Ketua KI Sumbar Sam­suri­zal meminta dukungan selu­ruh Kepala Daerah dan DPRD untuk mem­pro­ri­taskan ang­garan untuk Pe­jabat Pe­nge­lola Informasi Daerah da­lam operasional. Di­ka­takannya saat ini masih ada daerah yang me­ngang­garkan untuk kegiatan PPID dibawah 50 juta.”Saat ini yang yang paling banyak me­ngang­gar­kan yaitu Ka­bupaten Dhar­masraya. Kita sampaikan terima kasih atas kepedulian Bapak Bupati dan Ketua DPRD,” kata Samsurizal.

Pernyataan tersebut di­dukung oleh Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Ra­him bahwa Pemerintah Ka­bu­paten dan Kota di Su­ma­tera Barat harus men­ja­lan­kan Undang-undang KIP dan melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang te­lah ditetapkan. “Kita uca­p­kan selamat kepada peraih peng­hargaan semoga ke depan bisa dipertahankan dan men­jadi lebih baik. Bagi yang bel­um agara segera membenahi dengan ko­mit­men yang ting­gi,” kata Hendra.

Sementara Penjabat Bu­pati Pa­dang Pariaman Ros­nini Savitri bahwa peng­hargaan dari Komisi Infor­masi Sumatera Barat seba­gai penyemangat dalam mem­­berikan pelayanan in­for­masi kepada masyarakat. Tahun depan, kata Rosnini, akan dibentuk suatu inovasi da­lam informasi yaitu mem­bentuk kilinik informasi. “Jadi pada bagian humas kita buat ruangan yang rep­sen­tatif diberi nama klinik informasi dan juga kita ada­kan bimbingan tekinis kepa­da PPID pembantu yang difasilitasi oleh KI Sumbar,” kata Perempuan yang telah dua kali meraih peng­har­gaan selama menjadi Pen­jabat Bupati itu.

Ditambahkannya bahwa Padang pariaman pantas meraih penghargaan karena memiliki keunggulan yang nyata. Diantranya memliki website PPID yang lengkap melampirkan dasar hukum dan daftar isian informasi publik. Selain itu juga mem­punyai layanan informasi berbasis Short Massage Ser­vis (SMS) yang dikenal de­ngan PESDUK yaitu Pesan Singkat Penduduk dengan nomor 08116942000. La­yanan ini adalah yang per­tama di Sumatera Barat yang diadposi dari Kota Cimahi Jawa Barat. “Kita juga punya majalah saiyo sakato untuk komunikasi ranah dan rantau dan juga men­cetak kinerja buku Pa­dang pariaman dalam pe­nyelenggaraan pemerintah dan pembangunan,” kata Rosnini mengakhiri. (h/bus)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]