Hadapi Porprov 2016

KONI Solsel Benahi Berbagai Cabor


Senin, 28 Desember 2015 - 02:51:30 WIB
KONI Solsel Benahi Berbagai Cabor

Ketua KONI Solsel, Mario Syahjohan me­nga­takan, KONI melaksanakan pelatihan wasit juri cabor pencak silat dengan sepuluh orang peserta  dari berbagai perguruan silat yang ada. Acara digelar di Gedung Serbaguna Lundang dengan menghadirkan instruktur Ikatan Pencak Silat Indo­nesia dari Universitas Ne­geri Padang, Syafrizon, mu­lai Sabtu (26/12) sampai Senin (28/12).

“Kegiatan ini juga dalam rangka target Porkab, Pro­prov 2016 dan target PON pada 2024 mendatang,” kata Rio kepada Haluan, Minggu (27/12).

Ia menjelaskan, pihak­nya menggelar acara itu dalam rangka pematangan KONI Solsel untuk men­yam­but iven bergensi Por­prov Sumbar, sekaligus un­tuk mengevaluasi kesiapan kontingen Solsel.

Sebelumnya, pada Rabu 22- 23 Desember, KONI memberikan pelatihan “Co­a­c­hing Clinic For Bassic Training (CCFBT) kepada 50 orang pelatih cabor di kabupaten tersebut.

Menuru Rio, cabor se­tidak­nya memiliki satu pe­latih yang telah berlisensi nasional. Saat ini ada be­be­rapa cabor di Solsel yang memiliki pelatih yang ber­li­s­ensi nasional, di antaranya cabor wushu dan bulut­angkis.

Selain itu,  kata Rio, KONI Solsel juga telah men­yediakan anggaran ke­giatan pelatihan untuk pe­latih. Hal itu berlangsung sejak tahun anggaran 2014. Meski de­mikian, baru satu orang pe­latih yang me­man­faat­kan anggaran tersebut sampai tahun anggaran 2015.

“KONI akan men­ye­dia­kan segala kebutuhan demi untuk mendapatkan pelatih yang berlisensi nasional,” sebut Rio.

Pada hari pertama CC­FBT, para pelatih di­be­rikan tiga materi pelatihan, yaitu fisiologi kepelatihan, tes dan pengukuran kondisi fisik dan gizi olahrga. Ke­tiga Materi ini disampaikan Ketua Bidang Pendidikan dan Penataran KONI Sum­bar, Umar MS. Sedangkan pada hari kedua, materinya adalah metodologi ke­pe­lati­han olahraga, periodesasi latihan dan program latihan fisik. Ketiga materi ini di­sampai­kan oleh Alnedral

Ketua pelaksana CC­F­BT, Mil Ulazmi me­nga­takan, CCFBT digelar un­tuk meningkatkan ke­ma­m­­pu­an kompetensi pe­la­tih dasar menciptakan at­let yang berprestasi, mem­bina dan mengembangkan ola­h­­raga­wan secara te­ren­cana, berjenjang dan ber­ke­lanjut­an.

Selain itu pelatihan pe­latih dasar ini juga untuk menjaring bibit olah­raga­wan yang potensia, yang nantinya akan dapat mem­berikan gambaran secara umum tentang hasil pem­binaan di masing-masing pengurus cabor.  (h/jef)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]