Logo dan maskot Asian Games 2018 Diluncurkan

Indonesia Minimal Peringkat 10


Senin, 28 Desember 2015 - 03:04:30 WIB
Indonesia Minimal Peringkat 10 WAKIL Presiden Jusuf Kalla (tengah) meluncurkan logo dan maskot Asian Games Jakarta - Palembang 2018 di Jakarta, Minggu (27/12). (ANTARA)

Erick Thohir selaku ketua umum Komite Olimpiade Indo­nesia (KOI) baru sedang berada di Italia sehingga absen dan mewakilkannya kepada Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indo­nesia Doddy Iswandi.

Hadir pula di acara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, De­puti Kebudayaan dan Pari­wisata Silvyana Murni, dan Wakil Presiden Dewan Ke­hor­­matan OCA Wei Ji Yong.

Baca Juga : Lima Wakil Indonesia Lolos ke BWF World Tour Finals

Peluncuran logo ditan­dai dengan penekanan tom­bol oleh JK dan Imam. Da­lam sambutannya, Imam ber­ha­rap acara itu menjadi mo­me­ntum panitia untuk bergegas menyiapkan diri. Baik fa­silitas ataupun kuali­tas atlet.

“Ini menjadi kali kedua Indonesia menjadi tuan ru­mah Asian Games dan kali ini kami kembali me­mu­sat­kannya di GBK. Ka­mi be­r­syukur Presiden su­dah me­nginstruksikan un­tuk segera melakukan re­no­vasi total GBK. Kami ber­harap penye­lenggaraan ini bergulir sesu­kses mungkin, baik prestasi, admi­nistrasi, penye­len­g­gara­an, pem­ber­dayaan eko­nomi rakyat,” kata Imam.

Baca Juga : Kalah Beruntun, Pelatih Chelsea Frank Lampard Dipecat

“Ini sebagai momentum untuk memacu semangat panitia dan pihak terkait serta masyarakat untuk tu­rut menyukseskan Asian Games. Kami menawarkan beberapa pilihan logo dan maskot kepada OCA. Ak­hir­nya terpilih siluet cen­de­ra­wasih. Logo kami beri nama drawa dari cen derawa sih yang memakai kostum penvak silat sebagai olah­raga pilihan, olahraga tra­di­sional kita, pencak silat.”

“Setelah ini kami per­kenalkan Asian Games di kota-kota lain. Kami akan siapkan satu bola dengan diameter 5 meter. Bola kemudian akan dibawa ke Jakarta dan akan masuk ke museum bola,” jelas Imam.

Baca Juga : Drama Lima Gol, MU Akhirnya Menang 3-2 atas Liverpool

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar In­do­nesia sukses di Asian Ga­mes 2018, baik dalam pen­ye­lenggaraan sebagai tuan rumah maupun berprestasi dengan minimal berada di urutan sepuluh.

JK mengingatkan Asian Games tak sekadar menjadi pekerjaan pemerintah me­lain­kan juga masyarakat Indonesia. Untuk itu, dia meminta kemenpora dan Komite Olimpiade Indo­nesia (KOI) bekerja ekstra keras untuk menyiapkan segala fasilitas menyambut para kontestan. Selain itu, dia mengingatkan ada target prestasi kepada para atlet.

Baca Juga : Perburuan Kylian Mbappe, Real Madrid Dikabarkan Mundur

“Asian Games sebagai pesta olahraga bangsa-bang­sa se-Asia maka harus dapat perhatian. Apalagi kita me­m­punyai dua misi utama, sukses penyelenggaraan dan prestasi. Itu kalau kita tidak ingin menimbulkan ke­ke­cewaan buat masyarakat. Makanya kita tingkatkan penye­leng­garaan dan ke­sia­pan atlet lewat satlak pri­ma,” kata JK.

“Terakhir kali kita men­jadi tuan rumah Asian Ga­mes di tahun 1962. Kali ini, selain mengulang momen baik kita juga akan me­re­novasi inftrastruktur yang monumental. Juga ba­gai­mana menumbuhkan atlet-atlet legenda bagi anak mu­da zaman sekarang. Seperti Sarengat yang selalu diingat.”

“Acara peluncuran ini juga untuk menggelorakan partisipasi masyarakat. Ma­ka­nya Asian Games tidak hanya bisa disukseskan oleh panitia tapi juga masyarakat. Ini pesta, banyak orang yang berpartisipasi, bersenang-senang, bukan proyek pe­me­rintah semata,” ujarnya.

Secara tegas, JK me­min­ta agar kontingen Indonesia me­raih minimal peringkat sepuluh besar. Artinya, itu memperbaiki hasil Indo­nesia di Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan yang ada di peringkat ke-14 (4 emas, 5 perak, 11 pe­runggu). (h/mg-san/dtc)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 Januari 2021 - 23:49:04 WIB

    Lima Wakil Indonesia Lolos ke BWF World Tour Finals

    Lima Wakil Indonesia Lolos ke BWF World Tour Finals Dari lima wakil yang berada di peringkat delapan besar ranking Race to BWF World Tour Finals 2020, dua di antaranya datang dari sektor ganda campuran..
  • Senin, 25 Januari 2021 - 23:35:06 WIB

    Kalah Beruntun, Pelatih Chelsea Frank Lampard Dipecat

    Kalah Beruntun, Pelatih Chelsea Frank Lampard  Dipecat Frank Lampard  dipecat sebagai pelatih Chelsea setelah kalah lima dalam delapan pertandingan liga sehingga  klub London itu menempati posisi kesembilan dalam klasemen Liga Inggris..
  • Senin, 25 Januari 2021 - 07:32:34 WIB

    Drama Lima Gol, MU Akhirnya Menang 3-2 atas Liverpool

    Drama Lima Gol, MU Akhirnya Menang 3-2 atas Liverpool Drama lima gol tercipta saat Manchester United saat menjamu Liverpool pada putaran keempat Piala FA di Old Trafford, Senin (25/1) dini hari WIB. MU menang 3-2 atas Liverpool saling kedua tim saling balas gol. .
  • Senin, 25 Januari 2021 - 02:06:47 WIB

    Perburuan Kylian Mbappe, Real Madrid Dikabarkan Mundur

    Perburuan Kylian Mbappe, Real Madrid Dikabarkan Mundur Keinginan Real Madrid untuk mendapatkan Kylian Mbappe dan Erling Braut Haaland terancam. Raksasa Spanyol itu dikabarkan tidak akan sanggup mendatangkan kedua striker muda itu pada bursa transfer musim panas mendatang. .
  • Senin, 25 Januari 2021 - 01:47:27 WIB

    AC Milan Kalah dari Atalanta, Ibrahimovic Merasa Terisolasi

    AC Milan Kalah dari Atalanta, Ibrahimovic Merasa Terisolasi Pemimpin klasemen AC Milan kalah 0-3 saat menjamu Atalanta di pekan ke-19 Serie A 2020/21, Minggu (24/1/2021). Zlatan Ibrahimovic mengutarakan kesulitan yang dirasakannya di laga ini..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]