Mendagri: Buang Mental Priayi


Senin, 28 Desember 2015 - 03:08:12 WIB
Mendagri: Buang Mental Priayi

“Kinerja Kemendagri 2015 yang sudah tercapai akan terus ditingkatkan pada tahun 2016. ýKemendagri sebagai poros pemerintahan juga akan terus meng­gelorakan nawacita ke semua lapisan dan tingkatan masyarakat. Pemerintah juga akan terus berusaha selalu hadir di tengah masyarakat seperti yang diperlihatkan di tahun (2015) ini,” kata Tjahjo Kumolo, Minggu (27/12/2015).

Selain itu, menurut Tjahjo, yang tak kalah penting adalah pelayanan publiký. Itu juga klaim dia terus ditingkatkan ke depannya.

Baca Juga : Pakai Singlet saat Vaksin Dosis ke Dua, Ini Alasan Jokowi

ý”Pelayanan publik harus terus ditingkatkan, buang budaya dan mental priyai atau minta dilayani di kalangan aparat pemerintah. Aparat harus melayani bukan dilayani,” kata Tjahjo.

Pengawalan Ditingkatkan

Baca Juga : Jenderal Listyo Sigit Berkomitmen Tampilkan Polri yang Tegas dan Humanis

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Ku­molo menilai penyerapan anggaran merupakan satu di antara isu yang paling banyak dimonitor masyarakatý sepanjang 2015.

Karena itu, kata Tjahjo, tahun depan pihaknya akan meningkatkan pengawalan terhadap penggunaan anggaran.

Baca Juga : Bakal jadi Pandemi Baru di Asia? Kemenkes RI Waspadai Virus Nipah

ý”Perencanaan dan pelaksanaan anggaran harus lebih diefektifkan, effisiensikan penyerapan anggaran harus lebih dioptimalkan dengan tetap memperhatikan kualitas sasaran strategis pembangungan daerah yang hendak dicapai, program rutinitas. Slogan dihapuskan dengan mengubah bentuk program yang nyata hasilnya dan dirasakan masyarakat secara langsung,” kata Tjahjo kepada wartawan, Minggu (ý27/12/2015).

Adapun mengenai Pilkada serentak 2017, kata mantan Sekjen PDIP itu akan tetap menjadi headline utama pihaknya. Berkaca pada hasil di 2015, bahwa pada 2016 pemerintah akan kembali mengubah sejumlah regulasi guna menyambut pilkada serentak 2017 yang lebih baik lagi.

Baca Juga : Dilantik Presiden Jokowi, Listyo Sigit Prabowo Resmi Jadi Kapolri

“Pilkada 2015 ini dijadikan pengalaman pelak­sanaan pilkadaserentak di masa berikutnya yang lebih baik, utamanya dalam mempersiapkan Pilkada serentak nasional,” tegas Tjahjo. (h/trn)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]