Papua Minta 10 Persen Saham Freeport


Senin, 28 Desember 2015 - 03:08:32 WIB
Papua Minta 10 Persen Saham Freeport

“Kita dulu ada 17 item yang kemudian diakomodir Presiden ada 11, salah satunya adalah permintaan saham. Waktu itu memang kita minta di zaman Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sebelum berakhir, 10 persen itu harus untuk Papua,” ujarnya, minggu (27/12/2015).

Hanya saja, diakuinya hingga kini belum ada mekanisme yang pasti mengenai proses pembelian saham tersebut karena secara materil Pemprov Papua tidak memiliki kemampuan untuk membayar besaran saham yang diyakini mencapai angka puluhan triliun rupiah tersebut.

Baca Juga : Ini Program 100 Hari Calon Kapolri, Fokus Tuntaskan Kasus Perhatian Publik

“Mekanisme pembayarannya seperti apa, tahun buku atau cara lain, tapi 10 persen ini bagaimana bisa kita dapat karena itu biayanya besar. Itu mekanisme terbaik untuk ke­amanan Papua,” katanya.

Namun, ia juga menegaskan bahwa pemprov tidak mau bila ada pihak ketiga, dalam hal ini pihak swasta, yang terlibat dalam proses pembelian saham Freeport bagi Papua.

Baca Juga : Presiden Jokowi Optimis Tahun 2021 Jadi Momentum Kebangkitan

“Kita tidak punya uang, tapi kalau me­libatkan pihak ketiga ini akan berdampak tidak bagus bagi kami. Pengalaman Newmont sudah ada, jadi yang terbaik itu yang kita minta. Kita juga harus lihat model blok Mahakam, pemerintah daerah dan pemerintah pusat, kenapa kita tidak cari seperti itu untuk di Freeport,” ungkapnya.

Diingatkannya bahwa Pemprov Papua harus mendapat saham Freeport karena hal tersebut sangat berkaitan dengan segala aspek kehidupan di Papua.

Baca Juga : Disetujui sebagai Kapolri, Puan Minta Listyo Tak Gunakan Kaca Mata Kuda Tegakkan Hukum

“Ada yang bilang pemeritah mau ambil semua, ini bukan persoalan ekonomi saja, ini juga persoalan politik. Kita diskusi terus supaya masa depan Freeport ada kepastian dan investasi bisa jalan,” tambahnya. (h/inl)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]