Wisatawan Padati Objek Wisata Agam


Senin, 28 Desember 2015 - 03:15:19 WIB
Wisatawan Padati Objek Wisata Agam

Sebut saja objek wisata Tarusan Kamang,Taman Mu­ko-Muko, objek wisata Puncak Lawang, Puncak Tigo Balai Nan Basa, dan pantai Bandar Mutiara Ti­ku.

Pada objek Puncak La­wang bahkan areal parkir penuh sehingga pengunjung lain kesulitan memarkir kendaraannya.

Salah satu objek wisata yang cukup menyedot per­htian lain adalah Danau Tarusan Kamang, dimana sebelumnya air danau ter­sebut menyusut, jelang per­gantian tahun danau yang cukup unik tersebut kembali digenangi air. Kondisi itu digunakan masyarakat se­tem­pat untuk menyewakan Keberadaan kapal motor, sederhana dirakit dari drum dan digerakan mesin tem­pel.

Salah Seorang pe­ngun­jung Danau Tarusan Ka­mang, Mardinal, menga­takan, Ia dan keluarga se­ngaja datang dari Padang untuk menikmati keindahan serta keunikan danau Ta­rusan Kamang. Mardinal mengaku penasaran melihat danau tersebut secara lang­sung. Sebelumnya ia hanya mendengar dari perbin­ca­ngan rekan-rekan saja.

“Kata orang, Danau Ka­mang sangat eksotis, apalagi danau itu cukup unik di­mana airnya bisa sewaktu-waktu menyusut, kemudian ber-air lagi, kondisi itu tidak ditentukan oleh musim te­tapi kadar air dari per­bu­kitan yang mengelilingi da­nau. Oleh sebab itu kami sangat tertarik kemari,” katanya.

Salah satu objek wisata yang yang juga menjadi pilihan utama masa libur adalah, Bandar Mutiara Tiku Kecamatan Tanjung Mutirara, untuk pe­ng­an­tisipasi hal-hal yang tidak dinginkan, pantai tersebut turut dijaga pihak kepo­lisian, dengan mandirikan sejumlah pos, kemudian ditambah dengan petugas lokal yang berasal dari unsur masyarakat setempat.

Kepala Dinas Ke­buda­yaan dan Pariwi­sata (Dis­budpar) Agam, Hadi Sur­yadi, mengatakan, sejauh ini masa liburan wisatawan pada tempat Objek-objek wisata berjalan dengan aman. Bahkan untuk tempat wisata yang memiliki po­tensi resiko seperti Bandar Mutiara disediakan petugas penjaga pantai.

Petugas tersebut akan mengarahkan pengunjung ke lokasi yang lebih aman, dari ancaman ombak besar. Dengan demikian, pe­ngun­jung terjaga sekiranya ada yang main atau mandi om­bak. “Petugas berasal dari masyarakat setempat dan sangat mengetahui kondis pantai dan perairan di sana. Pada sejumlah titik ada lokasi yang ombaknya cukup besar,” jelasnya. (h/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]