Dampak Liburan Akhir Tahun, Bukittinggi Macet


Senin, 28 Desember 2015 - 03:17:30 WIB
Dampak Liburan Akhir Tahun, Bukittinggi Macet

Akibat kepadatan arus lalu lintas, dibutuhkan waktu 1 jam untuk mencapai Kota Bukittinggi dari Padang Lua. Ini diakibatkan oleh sistem perparkiran di pasar Padang Lua tidak teratur. Sebaliknya, kendaraan yang hendak ke Maninjau Kabupaten Agam juga padat sehingga sulit mengaturnya.

Dari pantauan Haluan di lapangan, pengunjung yang datang ke Kota Sanjai itu umumnya dari luar daerah, seperti Pekan Baru, Jambi, Medan dan Kota Padang. Hal itu terlihat dari plat nomor kendaraan seperti BM, BK, dan sebagainya. namun yang paling banyak plat BM.  Seperti tahun-tahun sebelumnya, objek wisata di Bukittinggi dan Kabupaten Agam penuh sesak oleh pengunjung. Wisatawan keluarga itu memadati beberapa objek wisata menikmati pemandangan dan pesonanya alam Sumatera Barat.

Baca Juga : Berkat Bayar Listrik Awal Bulan, Rika Pun Pergi Umrah

Beberapa orang pengunjung dari Kota Pekan Baru yang ditemui Haluan mengatakan, mereka berlibur ke Bukittinggi karena dari Bukittinggi bisa menjangkau objek wisata Maninjau dan Puncak Lawang, kemudian menginap di Bukittinggi.

“Kami memilih Bukittingi sebagai tempat liburan, karena selain udaranya sejuk, juga karena Bukittinggi aman dan nyaman untuk menginap tanpa ada yang menggendor-gedor pintu hotel dengan dalih razia penyakit masyarakat, karena hal itu mengganggu ketentraman berisitirahat,” ujar Rudi, salah seorang wisatawan dari Pekanbaru saat ditanya Haluan, Minggu (27/12).

Baca Juga : Tanggulangi Pengemis dan Gepeng, Dinsos Kota Padang Berikan Pelatihan Keterampilan

Jika Kota Bukittinggi diserbu pengunjung dari luar daerah, namun sebaliknya sebagian masyarakat dari Padang malahan berlibur ke Pekan Baru, mereka memilih Pekanbaru karena arus lalu lintas sangat lancar dan jarak tempuh hanya 6 jam sudah sampai di Kota Bertuah itu. Alasannya libur ke Kota Pekan baru karena sudah jenuh di Sumbar.

“Kami sekeluarga berlibur ke Pekanbaru karena sudah sering berkunjung ke Padang dan Bukittinggi. Sekali-sekali dilayangkan pula pandangan ke propinsi tetangga,” kata Bujang, salah seorang wisatawan asal Kota Solok yang sedang menuju Pekanbaru. (h/alf)

Baca Juga : 3.000 Dosis Vaksin Sinovac Sudah Sampai di Dharmasraya

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]