Kunjungan Wisata Ke Pessel Naik Drastis


Senin, 28 Desember 2015 - 03:18:06 WIB
Kunjungan Wisata Ke Pessel Naik Drastis

Penjabat Bupati Pesisir Se­latan Alwis Darwis mengung­kap­kann dari 24 sampai 27 Desember ini, diperkirakan kunjungan ke Pantai Carocok Painan di­per­kira­kan mencapai 35 ribu kunjungan. Proyeksi itu berbanding lurus dengan permintaan karcis masuk ke lokasi wisata yang diorder Dinas Pariwisata Ekonomi Kre­atif Pemuda dan Olah Raga ke­pa­da Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

“Ini sesuatu yang sangat luar biasa sekali,apalagi sejak KWBT Mandeh diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu,” ujarnya di Painan, Minggu (27/12).

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah, Total 586 Kasus

Ia menturkan, sepanjang jalan dari Padang menuju Painan, di­padati kendaraan yang hendak pergi dan pulang dari sejumlah objek wisata yang ada di Pesisir Selatan.

Kunjungan tak hanya datang dari wilayah Sumbar saja. Namun, kunjungan wisata juga datang dari berbagai provinsi lain di luar Sumbar seperti Jambi, Riau, Bengkulu dan Lampung.

Baca Juga : Turun Drastis, Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 44 Orang

Kondisi itu mengakibatkan waktu tempuh yang biasanya hanya memakan waktu selama dua jam, kini bisa mencapai lima atau delapan jam.

“Agaknya orang sudah mulai beralih dari wisata pegunungan ke wisata pantai seperti yang terjadi saat ini. Pesisir Selatan mem­buktikan itu,” tuturnya.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.233 Kasus

Hendra (35) tahun, salah seorang pengelola jasa transportasi di Pantai Carocok menyebutkan kunjungan wisata ke Carocok kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, kunjungan mu­sim libur kali ini meningkat sangat pesat jika dibandingkan dengan rentang waktu empat tahun sebelumnya.

Baca Juga : Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR

Ia mengaku kesulitan untuk melayani permintaan pengunjung Pantai Carocok yang ingin men­ye­berang ke Pulau Cengkok.

“Biasanya satu hari saya hanya bisa dua trip saja. Kini mencapai 10 hingga 12 trip sehari. Artinya ada peningkatan sebanyak lima sampai enam kalinya,” sebutnya.

Hal serupa juga dialami Man­sur (28) tahun warga Carocok Tarusan. Menurutnya, permintaan untuk mengelilingi KWBT Man­deh pun meningkat pesat.

Untuk melayani permintaan tamu yang datang, dirinya bersama pengelola jasa transportasi penye­berangan lainnya terpaksa harus meminta bantuan armada hingga ke Kota Padang. Mereka berharap agar pe­me­rintah daerah memer­hatikan pengembangan objek wi­sata dan pelaku usaha di lokasi wisata.

“Dengan demikian, semuanya bisa saling bersinergi dan masya­rakat sekitar tidak menjadi pe­nonton di daerah sendiri,” harap­nya. (h/ans)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]