Lima Mobil Bertabrakan di Jalinsum Dharmasraya


Senin, 28 Desember 2015 - 03:21:31 WIB
Lima Mobil Bertabrakan di Jalinsum Dharmasraya Salah satu mobil yang ringsek ditabrak oleh truk bermuatan 6 ton, pada kecelakaan beruntun di Jalan Lintas Sumatera Km 9, Minggu (27/12). (BADRI ALAINA)

Kecelakaan beruntun tersebut melibatkan lima kendaraan, yakni truk bermuatan mi instan dengan nomor polisi BA 8201 AO yang dikemudikan oleh Budi Siswanto (42), Mobil Suzuki Avanza BA 1183 AY disupiri Pul Mulyadi (27), Suzuki Es Kuda BA 1119 AY milik Endri warga Padang (56), Mobil Xenia  milik Ade Ma­hendra (40) dan transportasi umum Tampalo.

Informasi yang dihimpun Haluan di lapangan, kecelakaan berawal di­aki­bat­kan oleh bolongnya rem sebuah truk. Truk itu dikemudikan oleh Budi Sis­wanto (42), warga Jawa Lampung saat dalam kondisi menurun. Saat rem blong, Budi hilang kendali, lalu me­na­br­ak beberapa mobil yang ada di depannya.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Gubernur Sumbar Pamitan dan Minta Maaf

“Pertama kali saya lepas kendali karena rem blong, saya menabrak mobil Xenia, lalu saya banting stir ke arah kanan, tiba-tiba mobil Avanza yang sebelumnya parkir di jalur kiri mundur ke arah kanan. Itu tidak terelakan lagi, saya langsung menabraknya dan setelah itu di depan sana juga ada mobil Escudo. Dari arah berlawanan datang bus tampalo,” ungkap Budi Siswanto kepada sejumlah wartawan di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Saat itu, ia membawa truk bermuatan mi instan seberat 6 ton dari Solo yang akan diantar ke Kota Solok.

Sementara itu, Endri pengendara Suzuki Escudo kepada wartawan mengaku, pada saat kejadiaan, mobil yang dikendarainya mengalami dua kali benturan. Benturan pertama terjadi dengan mobil Avanza dari samping kiri dan dari belakang di tabrak truk. “Awalnya saya berbenturan dengan Avanza, saya larikan kearah kanan jalan. Tiba-tiba dari belakang truk itu lansung menabrak mobil saya sehingga kacanya pecah,” ujar Endri.

Baca Juga : Tunjang Pariwisata, Diskominfo Pariaman Bentuk Taman Bunga di Pantai Kata

Berdasarkan pantauan di lapangan, Mobil terparah akibat kecelakaan tersebut dialami oleh mobil Suzuki Avanza, milik pengawas proyek pem­buatan jalan di lokasi tersebut. Mobil itu ringsek mulai dari kepala hingga pintu depan sebelah kiri.

Kecelakaan itu menyebabkan arus lalu lintas macet total sepanjang kurang lebih 6 km. Untuk mengurai kema­cetan, aparat melepaskan kendaraan yang lewat satu persatu karena jalan­lisum di TKP bisa dilewati satu arah

Baca Juga : Gubernur Sumbar: Masyarakat Tak Perlu Takut, BPOM dan MUI Sudah Keluarkan Fatwa Kehalalan Vaksin

Kapolres Dharmasraya, AKBP Lalu Muhammad Iwan Mahardan, di­dam­pingi Kasat Lantas AKP Imawan Rantau, dan Kanit Laka Ipda Dian Jumes Putra, menyatakan tidak ada korban jiwa dalam laka itu. Akan tetapi, kerugian material mencapai hingga puluhan juta rupiah.

Sampai berita ini diturunkan, ken­dara­an yang mengalami kecelakaan beruntun itu telah diamankan di Mapol­res Dharmasraya sebagai barang bukti dan dilakukan penyidikan lebih lanjut. Sedangkan sopir truk juga telah di­aman­kan di Polres setempat untuk dimintai keterangan lebih lanjut. (h/mg-bdr)

Baca Juga : 680 Tenaga Kesehatan RSUD M Zein Painan Jalani Vaksinasi Covid-19

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]