Kemdikbud Umumkan

Enam Sekolah Ini Jujur Laksanakan UN


Senin, 28 Desember 2015 - 03:29:11 WIB
Enam Sekolah Ini Jujur Laksanakan UN

Sebanyak 503 sekolah se-Indonesia diapresiasi karena mampu memini­malisir kecurangan pelak­sanaan UN.

Dari 503 sekolah itu, enam diantaranya meru­pakan sekolah di Kota Pa­dang. Keenam sekolah ter­sebut yakni SMP Negeri 2 (dengan nilai 97,71), SMP Negeri 1 (97,42), SMP Ne­geri 11 (97,27), SMP Negeri 12 (97,25), SMP Negeri 8 (97,15), SMP Negeri 7 (97,­00). Sedangkan satu sekolah lagi yakni Sekolah Me­nengah Atas (SMA) Negeri 1 dengan nilai 94,65.

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

Seluruh sekolah itu me­miliki nilai rata-rata IUN tertinggi dan konsisten da­lam enam tahun ini. Setiap siswa di sekolah tersebut terbilang jujur dalam men­jawab setiap pertanyaan UN.

Ditetapkannya enam se­ko­lah di Padang sebagai sekolah berintegritas sangat direspon baik Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

Wako menegaskan, keju­juran adalah nilai-nilai fun­damental, nilai dasar suatu negara dalam membangun bangsa. Sebuah bangsa akan dihormati oleh negara lain jika pemimpinnya jujur dan berintegritas, jika rakyatnya jujur dan berintegritas.

Ia menyebutkan, banyak bangsa yang gagal karena bangsa tersebut gagal men­jaga integritasnya. Oleh karena itu, nilai-nilai keju­juran harus ditumbuhkan sejak dini baik di keluarga maupun di sekolah.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

“Kita punya nilai-nilai itu tetapi kita lupa, tidak memberikan perhatian pada nilai-nilai etika, nilai-nilai integritas, nilai-nilai ke­jujuran, kita lupa sekian dekade ini,” kata wako.

Karena itu, wako me­negaskan perlunya sekolah kembali mengajarkan nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai etika, nilai budi pekerti, nilai kejujuran, nilai mo­ralitas, nilai kepantasan, dan nilai kepatutan jika ingin menjadi negara yang besar dan bermartabat.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

“Jangan bangga bila nilai UN yang didapat sangat tinggi, tapi dengan cara-cara tidak jujur. Banggalah de­ngan nilai UN yang sangat tinggi tapi melalui cara-cara yang benar,” kata walikota.

Sementara, Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menga­takan cukup banyak sekolah yang tidak jujur dalam pe­nyelenggaraan UN bebe­rapa waktu lalu.

Ini berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan UN pada tingkat Sekolah Mene­ngah Atas (SMA) dan Seko­lah Menengah Kejuruan (SMK).

Menurut Anies, pada pelaksanaan UN tahun ini, ada dua hal yang menjadi penilaian yakni nilai aka­demik serta kejujuran. “Ha­silnya, banyak sekolah yang tidak jujur, yang jujur kecil,” kata Anies.

Anies menambahkan penilaian integritas diukur dengan melihat pola ker­jasama dan pola kecurangan peserta didik di suatu se­kolah dalam mengerjakan soal UN. Angkanya (indeks integritas) 0 sampai 100. Jika tidak ada kecurangan angkanya 100. Jika terdapat 20 kecurangan, angka in­tegritasnya 80.

Kepala Sekolah dari 503 sekolah yang dianggap jujur UN akhirnya diundang Pre­siden Joko Widodo untuk berkunjung ke Gedung Ko­misi Pemberantasan Korup­si (KPK) Jakarta, Selasa (22/12) lalu. (h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]