Pilkada Usai

Dua Pj Bupati Tetap akan Dilantik


Senin, 28 Desember 2015 - 03:34:44 WIB
Dua Pj Bupati Tetap akan Dilantik

Menurutnya, hal ini me­rupakan bagian dari ad­ministrasi kepemerintahan yang harus tetap berjalan. Usulan namanya juga sudah kita sampaikan ke Ke­men­terian Dalam Negeri. Jadi sekarang terserah Ke­men­dagri saja lagi,” terangnya, pekan lalu.

Untuk kepastian pe­lan­tikan kata Donny belum bisa diberikan mengingat hingga saat ini Pemprov Sumbar masih menuggu nama Pj dari Kemendagri. “Semua terserah Ke­men­dagri lah, kita tunggu saja,” ujarnya.

Reydonnyzar Moenek sendiri juga memastikan telah mengirim nama Pj Bupati Kabupaten Agam ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sementara untuk Pj Bupati Limapuluh Kota masih dalam pen­jaringan nama.

“Untuk Agam, itu sudah kirim ke Kemendagri. Ting­gal menunggu proses Ke­mendagri,” pungkasnya.

Sementara untuk Pj Bu­pati Limapuluh Kota ujar Donny, saat ini tengah da­lam tahap penjaringan na­ma Pj yang diambilkan dari pejabat eselon II di ling­kungan Pemprov Sumbar. “Untuk Limapuluh Kota memang belum kita kirim karena masih dalam proses penjaringan,” pungkasnya.

Dari 13 kabupaten/kota yang habis masa jabatannya, tinggal dua daerah ini saja yang belum dipimpin Pj. Sehingga roda pemerin­tahan dilanjutkan oleh Sek­da masing-masing daerah tersebut.

Jabatan Kepala Daerah Agam yang dipimpin Indra Catri dan Irwan Fikri ber­akhir pada 26 Oktober lalu, sedangkan untuk Ka­bu­pa­ten Limapuluh Kota yang dipimpin Alis Marajo dan Asyirwan Yunus telah ber­akhir pada 9 November 2015 lalu.

Meski Pj Gubernur ti­dak merinci nama-nama Pj yang akan diusulkan tapi, be­berapa nama sempat men­cuat ke permukaan untuk mengisi jabatan Pj untuk Kabupaten Agam dan Lima­puluh Kota tersebut. Nama-nama sekelas Asiten Ahli Gubernur Jeflinar, Kepala Badan Kesbangpol Ivan Khairul Ananda, Asisten II Setdaprov Sumbar Sya­frud­din, Kepala Dinas Ke­hu­tanan Sumbar Hendri Ok­tavia masuk dalam bidikan untuk menjadi Pj.

Untuk diketahui, dari 10 Pj bupati dan Walikota yang dilantik oleh Pj Gu­bernur Sumbar, hanya Pj Solok Selatan (20/8) dan Pasaman Barat (27/11) yang dilakukan sesuai jadwal.

Sedangkan delapan Pj lainnya, masing-masing Ka­bupaten Pasaman (29/8), Kota Solok (31/8), Ka­bu­paten Pesisir Selatan (17/9), Kabupaten Si­jun­jung (22/9), Tanahdatar (26/9), P­a­dang Pariaman (25/10), Kabu­paten Agam (26/10), Li­mapuluh Kota (11/11), ti­d­ak sesuai jad­wal. (h/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]