Irman Gusman Silaturrahmi dengan Tokoh Muhammadiyah


Senin, 28 Desember 2015 - 03:37:44 WIB
Irman Gusman Silaturrahmi dengan Tokoh Muhammadiyah KETUA DPD RI Irman Gusman, berdialog dengan tokoh Muhammadiyah di Hotel Gran Malindo Bukittinggi, pekan lalu. (HASWANDI)

Dalam kegiatan ter­se­but, Irman Gusman me­ndorong Muhmammadiyah meningkatkan berbagai po­tensi ekonomi untuk kian mem­perkuat posisi Mu­ham­madiyah di tingkat nasional. Me­nurutnya, Mu­ham­ma­diyah memiliki potensi yang besar dalam peningkatkan ekonomi, yang selama ini dinilai kurang terkelola dengan maksimal.

“Sudah saatnya Mu­ham­mdiyah membangun eko­nomi ummat. Sekarang ini banyak pelatihan motivasi, pengelolaan usaha yang bisa diberikan kepada anggota Muhammadiyah. Jika perlu, Muhammadiyah di Sumbar bikin badan usaha dan bisa men­jadi kekuatan di Sum­bar dalam bidang apapun,” tutur Irman Gusman.

Irman menjelaskan, saat ini kemiskinan di Indonesia semakin mengkhawatirkan, yang disebabkan oleh ada­nya sistem kapitalis. Me­nurutnya, kemiskinan itu perlu dibrantas oleh Mu­ham­madiyah dengan mem­per­kuat basis ekonomi Is­lam (syariah).

“Buat saya, Sumbar ini adala barometer Mu­ham­madiyah, karena Sumbar ini adalah tempat Mu­ham­ma­diyah dibesarkan,” tutur Irman Gusman.

Sementara itu, Ketua PP (Pimpinan Pusat) Mu­ham­madiyah Anwar Abbas me­ngatakan, yang perlu di­be­sarkan saat ini menurutnya bukanlah Muhammadiyah, tapi orang Muhammadiyah itu sendiri. Salah satu untuk membesarkan anggota Mu­ham­madiyah itu me­nu­rut­nya adalah dengan mem­bangun basis perokonomian seperti Usaha Mikro.

“Pengurus Mu­ham­ma­diyah harus ada orang yang ahli ekonomi, supaya eko­nomi orang Mu­ham­madiyah itu jaya. Apabila ekonomi kita kuat, maka kita bisa jadi penentu di negeri kita sen­diri. Oleh karena itu, kita harus bisa  menguasai eko­nomi,” tuturnya.

Ia melanjutkan, keka­yaan Muhammadiyah sa­ngat luar biasa, tapi tidak mampu dikelola dengan baik, se­hingga hanya se­dikit yang bisa membawa manfaat. (h/wan)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]