Diknas Minta DPRD Ikut Awasi Pendidikan


Selasa, 29 Desember 2015 - 02:46:59 WIB
Diknas Minta DPRD Ikut Awasi Pendidikan

“ Peran aktif anggota dewan dalam mengawasi pendidikan di daerah ini sangat dibutuhkan. Termasuk jika ada tindakan dan pungutan yang dilakukan pihak sekolah di luar ketentuan dan regulasi yang ada,” kata Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga kab. Solok Zulfadli, S.Pd, M.Pd kepada Haluan, Rabu (23/12) lalu.

Sementara terkait adanya laporan pungutan liar di sekolah, pihaknya memastikan pihak sekolah tidak akan mungkin melakukan pungutan-pungutan yang memberatkan siswa, apalagi sampai kepada pelarangan mengikuti ujian dan tidak bisa menerima raport. Bahkan kalaupun ada, itupun sifatnya berupa sumbangan orang tua siswa terhadap kemajuan sekolah, yang juga telah disepakati dalam rapat komite dengan pihak sekolah. “Jadi tidak ada pembebanan terhadap siswa, apalagi mereka dari keluarga kurang mampu,” kata Zulfadli memastikan.

Baca Juga : Tahun Ini, 25 Nagari di Agam akan Menggelar Pemilihan Wali Nagari

Pihaknya menjelaskan, alokasi dana APBD untuk operasional sekolah mulai SMP, SMA, SMK di kabupaten Solok masih tergolong minim, jika dibandingkan dengan daerah lain di Sumbar ini. Lantaran itu, dibutuhkan partisipasi masyarakat melalui komite untuk menunjang kemajuan pendidikan, dan itu diatur dalam regulasi yang jelas. “Memang ada sumbangan dari orang tua siswa yang dihimpun oleh komite sekolah, yang dimaksudkan untuk menunjang kemajuan dan peningkatan fasilitas pendidikan di sekolah. Namun tidak termasuk kepada orang tua siswa dari keluarga kurang mampu,” tegasnya lagi. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]