Pasar Songket Silungkang Segera Ditempati


Selasa, 29 Desember 2015 - 02:54:16 WIB
Pasar Songket Silungkang Segera Ditempati Pasar Songket Silungkang dengan pagu anggaran Rp5 miliar rampung. Pengerajin tenun songket Silungkang dipastikan bakal segera dapat menempati areal pasar representatif. (FADIL)

Didanai Kementerian Perdagangan dengan ang­garan Rp5 miliar, Pasar Songket Silungkang dengan kapasitas 75 unit, dengan luas masing-masing sem­bilan meter persegi itu, akan mulai dimanfaatkan Fe­bruari 2016 mendatang.

“Alhamdulillah, hari ini proses pembangunan Pasar Songket Silungkang telah rampung 100 persen,” ujar Kepala Dinas Perin­dag­kopnaker Sawahlunto, Des­wanda kepada Haluan.

Deswanda didampingi Kepala Bidang Perdagangan Gustav mengungkapkan, saat in pihaknya telah mem­persiapkan 30 pedagang dan pengerajin tenun songket Silungkang yang akan me­nempati areal pasar repre­sentatif tersebut.

Pasar Songket Silung­kang menjadi satu-satunya pasar yang dikhususkan menjual kerajinan tenun yang telah berurat-berakar di Nagari Silungkang itu. Dalam tahun 2016, Peme­rintah Sawahlunto akan melengkapi dengan pem­bangunan fasilitas taman, parkiran, pagar, serta pe­ngerjaan plafon.

“Yang pasti, mulai Fe­bruari Pasar Songket akan mulai dihuni para pedagang. Baik pedagang tenun song­ket, maupun pedagang sou­venir lainnya, yang menjadi kekhasan Sawahlunto,” ung­kap Deswanda.

Selain tenun, Pasar Song­ket Silungkang juga akan diisi dengan kerajinan souvenir, maupun kuliner khas Sawahlunto.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf me­ngatakan, keberadaan Pasar Songket Silungkang, diha­rap­kan akan mampu me­ning­katkan daya jual kerajinan yang dihasilkan masyarakat Sawahlunto.

Ali Yusuf meyakini, seba­gai satu-satunya Pasar Songket Silungkang di In­donesia, akan mampu mem­berikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk ber­kun­jung ke Sawahlunto, dalam mendapatkan kera­jinan yang telah hadir se­menjak ratusan tahun silam itu.

Jika tidak adal aral me­lin­tang, kawasan Pasar Song­ket Silungkang juga akan semakin lengkap de­ngan rencana pembangunan hotel, yang bersebelahan dengan bangun Pasar Song­ket yang telah ada. (h/dil)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 19:40:16 WIB

    Menunggak Sewa, 35 Kios di Pasar Sawahlunto Masih Disegel

    Menunggak Sewa, 35 Kios di Pasar Sawahlunto Masih Disegel SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Sebanyak 35 kios blok C Pasar Sawahlunto masih disegel oleh Dinas Koperindag melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Kota Sawahlunto. Pihak UPTD Pasar telah melakukan penyegelan sejak Agu.
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 18:41:38 WIB

    Pemkab Pessel Gelar Operasi Pasar Bawang Putih

    Pemkab Pessel Gelar Operasi Pasar  Bawang Putih PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, menggelar operasi pasar bawang putih guna menyikapi melonjaknya harga kebutuhan dapur tersebut semenjak dua pekan terakhir di daerah setempat..
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 18:08:50 WIB

    Peduli Masyarakat, Pemko Sawahlunto Gelar Operasi Pasar Bawang Putih

    Peduli Masyarakat, Pemko Sawahlunto Gelar Operasi Pasar Bawang Putih SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Bekerjasama dengan Kementrian Pertanian dan Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat, Pemko Sawahlunto gelar operasi pasar, Rabu 19 Februari 2020. Kegiatan yang digelar di lapangan parkir Balaikota set.
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 15:25:57 WIB

    Pasar Kotanopan Sempit, Pedagang Pilih Berjualan di Jalan

    Pasar Kotanopan Sempit, Pedagang Pilih Berjualan di Jalan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM-Sejumlah pedagang mengaku enggan berjualan di Pasar Kotanopan, Nagari Kotanopan, Kecamatan Rao Utara. Padahal pasar itu baru siap direvitalisasi oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman pada akhir tahun 201.
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 18:58:16 WIB

    Pemko Payakumbuh akan Pasarkan Randang Via Jamaah Haji

    Pemko Payakumbuh akan Pasarkan Randang Via Jamaah Haji PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN. COM -- Payakumbuh sebagai salah satu daerah penghasil randang terbesar di Sumbar saat ini. Untuk pemasarannya, Pemko Payakumbuh akan mengambil langkah cepat untuk calon jamaah haji asal Indonesia..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM