Penginapan Diminta Selektif Terima Tamu


Selasa, 29 Desember 2015 - 03:24:47 WIB
Penginapan Diminta Selektif Terima Tamu

“Pada malam pergantian tahun sangat rentan diman­faatkan oleh muda-mudi yang masih belum terjalin ikatan pernikahan untuk melakukan hubungan tidak pantas. Bahkan hal itu kian hari semakin bergerser men­jadi sebuah ritual pergantian tahun, bagi muda-mudi, kita harus sama-sama mence­gahnya,” kata Masrizal.

Dikatakannya, mera­ya­kan pergantian tahun pa­da da­sarnya tidak ada yang sa­lah. Tetapi jangan sampai hal tersebut malah disalah­gu­nakan oleh generasi muda un­tuk melakukan pestapora bah­kan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan sya­riat Agama. Seluruh ele­men masyarakat harus terli­bat untuk mencegah hal ini. 

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.080 Kasus

“Mari sama-sama kita jaga anak kemenakan untuk tetap berada dalam koridor­nya. Jangan sampai mereka terjerumus serta terdidik untuk melakukan perbuatan yang melanggar norma adat dan norma agama, pence­gahan bisa dilakukan semua pihak, termasuk pengelola hotel,” jelasnya.

Menurut Masrizal, ja­ngan karena mengejar pe­ma­­sukan pada pergantian ta­hun pengelola penginapan me­nerima siapa saja yang me­nginap. Ada baiknya pi­hak hotel memperketat pro­se­dur bagi yang menginap, ka­lau perlu minta surat ni­kahnya bagi muda-mudi yang me­nginap berpasa­ngan.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 112 Orang

“Mereka yang me­ngi­nap, berpasangan harus mampu memperlihatkan surat Nikah, dan KTP. Bila tidak memiliki dokumen tersebut, jangan diterima untuk menginap. Kita me­ngi­nginkan hotel, pengi­napan, dan home stay di Agam bebas dari pasangan ilegal,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pari­wi­sata Kabupaten Agam, Hadi Suryadi mengaku su­dah mengeluarkan surat edaran kepada pemilik ho­tel, penginapan, home stay, wisata yang ada di Kabu­paten Agam. Bila surat eda­ran itu tidak diindahkan, konsekuensinya,  pengelola atau pemilik hotel bisa ber­urusan dengan petugas.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

“Kita berharap libur akhir tahun bisa berjalan dengan aman. Selain itu Pada malam pergantian ta­hun, aparatur penegak Per­da, Satpol PP Agam juga akan melakukan razia. Sasa­ran­nya, hotel, penginapan, home stay, dan objek wisa­ta,” ungkapnya. (h/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]