Disbudpar Bukittinggi Tidak Menggelar Kegiatan Khusus untuk Tahun Baru


Selasa, 29 Desember 2015 - 03:25:40 WIB
Disbudpar Bukittinggi Tidak Menggelar Kegiatan Khusus untuk Tahun Baru

Namun demikian, kawa­san Jam Gadang Bukittingi masih menjadi tujuan utama pengunjung dari berbagai daerah pada perayaan ma­lam tahun baru.

Kendati tidak menggelar kegiatan khusus dalam me­nyam­but tahun baru, namun Disbudpar Kota Bukittinggi tetap akan mendukung ke­gia­tan kegiatan yang dise­leng­garakan oleh masya­rakat ataupun kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak hotel untuk menyambut tahun baru tersebut.

Baca Juga : Jadi Biang Kerok Banjir, DPRD Sumbar Dorong Percepatan Normalisasi Batang Lembang

Kepala Disbudpar Kota Bukittinggi, Melfi Abra mengatakan, tidak adanya kegiatan khusus yang dise­leng­garakan untuk menye­marakkan tahun baru itu, dikarenakan ketersediaan anggaran yang terbatas. Sebab, sebelumnya berbagai kegiatan telah dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi yang ke 231.

Adapun kegiatan yang diselenggarakan sebelum­nya itu yakni berupa Festi­val, Pergelaran Semarak Kreatif 2015, lomba-lomba hingga panggung hiburan rakyat. Oleh sebab itu, Dis­bud­par tidak menggelar ke­giatan khusus untuk me­me­riahkan tahun baru terse­but.

Baca Juga : Kodim 0305 Pasaman Temukan Kesadaran Warga Patuhi Prokes Masih Rendah

“Meski tidak ada kegia­tan khusus yang kita gelar untuk acara tahun baru, namun tidak mempengaruhi tingkat kunjungan wisata­wan ke Bukittinggi pada libur tahun baru tersebut. Sebab, Kota Bukittinggi masih dijadikan daerah tu­juan wisata bagi wisatawan terutama pada hari libur nasional seperti libur Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan tahun baru,” kata Melfie.

Menurutnya, setiap kali perayaan tahun baru di Bu­kit­tinggi tingkat kunjungan wisa­tawan selalu mem­blu­dak. Wisatawan yang datang itu pada umumnya dari luar kota dan Propinsi. Bahkan ada wisatawan mancanegara yang datang ke Bukittinggi hanya untuk mengisi liburan tahun baru tersebut.

Baca Juga : Terkait Vaksin Sinovac, Ketua DPRD Dharmasraya: Mustahil Pemerintah Mau Aniaya Warganya

Untuk objek wisata yang menjadi incaran pe­ngun­jung di tahun baru itu dianta­ranya adalah ka­wa­san Jam Ga­dang, Taman Marga Sat­wa Budaya Ki­nantan (TMS­BK), Ngarai Sianok, Lobang Je­pang, dan Janjang Seribu. Pi­hak­nya optimis tingkat kun­jungan wisata tahun ini me­­ningkat dibanding tahun se­­belumnya mengingat sejum­­­lah objek wisata yang ada te­lah dila­kukan pem­be­na­­han.

“Untuk antisipasi lonja­kan pengunjung di sejumlah objek wisata pada libur ta­hun baru, pihaknya akan menyediakan sekitar 4.000 lembar tiket untuk masuk objek wisata. Sedangkan untuk pengamanan menje­lang tahun baru, Pemko Bukittinggi telah memben­tuk tim yang terdiri dari Pol­resta, Kodim 0304/Agam, Satpol PP dan Dinas Per­hubungan,” ungkap Mel­fie.

Baca Juga : Perkuat Potensi Lokal, Warga Dharmasraya Berdayakan Saluran Irigasi Jadi Objek Wisata

Dirinya menambahkan, seperti tahun tahun sebe­lum­nya penyambutan per­gan­tian malam tahun baru dikawasan Jam Gadang Bu­kit­tinggi masih menjadi tujuan utama pengunjung. Diperkirakan ribuan pe­ngun­jung bakal memadati Pela­taran Jam Gadang un­tuk merayakan tahun baru 2016 dengan perayaan pesta kembang api. (h/tot)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]