Belum Serah Terima ke Dinas Pasar

Kios Penampungan Sudah Dimanfaatkan Pedagang


Selasa, 29 Desember 2015 - 03:28:09 WIB
Kios Penampungan Sudah Dimanfaatkan Pedagang Beberapa pedagang menghuni kios penampungan pedagang di Pasar Padang Panjang, Senin (28/12). Padahal, Dinas PU belum menyerahterimakan kios penampungan tersebut kepada Dinas Pasar Padang Panjang. (APIZ)

Hal tersebut terjadi karena tak terkuncinya beberapa kios sehingga beberapa peda­gang mengambil inisiatif sendiri untuk menggelar da­ga­ngannya di kios tersebut.   Berdasarkan pantauan Ha­luan, beberapa oknum pe­dagang melakukan tran­saksi jual beli dengan bebas­nya di beberapa kios penam­pungan itu. Ironisnya, walau belum ada instruksi dari Pemko untuk menempati kios, tapi para pedagang itu terlihat santai dan seakan tidak takut diusir instansi terkait.

Penempatan sepihak kios tersebut pastinya akan men­jadi sebuah tanda tanya besar di kalangan pedagang peme­gang kartu kuning, sehingga dapat menimbulkan per­soalan baru pada kemudian hari.

Terkait persolan itu, Ke­pa­la Kantor Pasar Padang Pan­jang, Rinoven mene­gas­kan, kalau kios itu saat ini masih kewenangan atau tang­gung jawab Dinas Pekerjaan Umum (PU), karena belum diserahterimakan kepada Kepala Kantor Pasar Padang Panjang.

“Kalau ada pedagang yang mengisi kios tersebut, tanyakan saja langsung pada Dinas PU, sebagai dinas terkait dalam persoalan atau penggunaan kios itu sebelum diserahkan,” ujarnya. 

Terkait masalah itu, pi­hak­nya belum bisa bertindak, misalnya memproses oknum pedagang yang diinfor­masi­kan telah menempati kios penampungan sementara.

Sedangkan mengenai in­for­masi oknum pedagang yang menempati kios itu, menurutnya, mungkin saja telah diketahui Dinas PU. Ia tidak tahu kenapa Dinas PU belum juga menindak peda­gang tersebut.

“Kalau kios tersebut te­lah diserahterimakan Dinas PU kepada kami, kami akan mengambil tindakan tegas terhadap oknum pedagang yang menempati kios itu,” katanya.

Sementara itu, menurut Kabid Cipta Karya Dinas PU Padang Panjang, Delfrianto saat dihubungi, hal tersebut terjadi karena kios itu tidak terkunci sehingga diman­faatkan oknum pedagang. Namun demikian, dalam waktu dekat oknum peda­gang yang telah menempati kios tersebut dikeluarkan. (h/mg-pis)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]