Polisi Amankan Penyelundup Ganja 1,5 Ton


Selasa, 29 Desember 2015 - 03:35:41 WIB
Polisi Amankan Penyelundup Ganja 1,5 Ton

Direktur IV Tindak Pi­dana Narkoba Mabes Polri, Brigadir Jenderal Polisi Anjan Pramuka Putera me­nga­takan, ganja tersebut ingin dibawa menuju ke gudang penyimpanan di daerah Bogor, Jawa Barat.

“Dia berperan sebagai penanggung jawab barang tersebut. Sebelum dibeli dan dibawa ke daerah Bandung, Purwakarta dan Garut,” kata dia di kantornya, Ca­wang, Senin (28/12/2015).

Anjan menjelaskan, pi­hak kepolisian melakukan penangkapan terhadap ter­sang­ka di rest area KM. 68 Jalan Tol Tanggerang-Me­rak, Banten, setelah me­nem­puh jalur dari Aceh, Medan hingga Jawa Barat.

Saat itu, kata dia, ter­sangka membawa ganja ter­sebut menggunakan satu mobil truk dan berisi 39 karung berisi ganja.

“Kemudian oleh ter­sangka karung tersebut di­sa­markan dengan 120 ka­rung berisi sembako yang ikut dimuat di dalam truk. Barang bukti yang berhasil disita yaitu satu unit truk dan ganja sebanyak 1,5 ton,” tuturnya.

Anjan menambahkan, bila dikonversikan menjadi rupiah maka ganja tersebut mencapai Rp6 miliar ru­piah dan jumlah korban yang terselamatkan diper­kirakan sebanyak 40 ribu jiwa.

Atas perbuatannya, ter­sang­ka akan dikenakan Pa­sal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) Junto Pasal 132 ayat (2) Undang-undang nomor 35 Tahun 2009 ten­tang narkotika. “Maksimal 20 tahun penjara atau pi­dana mati dan seumur hi­dup,” tandasnya. (h/inl)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]