Gugatan Hasil Pilkada

MK Verifikasi Berkas Hingga Akhir Tahun


Selasa, 29 Desember 2015 - 03:36:28 WIB

“Penerima APBL diberikan waktu sampai 3 Januari 2016 untuk lengkapi permohonan. Lalu tanggal 4 Januari 2016 kami akan catat dalam buku registrasi perkara konstitusi. Tanggal 4 Januari masing-masing permohonan sudah punya nomor dan siap disidangkan. Sidang tanggal 7 Januari 2016 serentak semua panel,” ujar Fajar, Senin (28/12).

Ia menambahkan, untuk permohonan yang juga masih belum hingga 3 Januari 2016, kepaniteraan MK akan mencatatnya. Lalu penerima APBL akan diminta melengkapi berkas permohonan melalui persidangan panel yang dipimpin hakim.

“Tanggal 18 Januari 2016 kami akan ucapkan sidang putusan dismissal (penolakan). Itu yang secara syarat aturan UU tidak dipenuhi, misalnya permohonan diajukan melebihi tenggat waktu 3 x 24 jam. Misalnya di hari ke 4, sudah pasti di luar tenggat dan pasti akan didismissal. Lalu Pemohon bukan paslon tapi balon sudah pasti akan di­dismisal,” kata Fajar menambahkan.

Ia menjelaskan, untuk permohonan yang akan di-dismissal atau tidak memenuhi syarat akan diumumkan. Sehingga ke depannya permohonan tersebut tidak akan ditindaklanjuti dengan peme­riksaan saksi-saksi.

Sebelumnya, KPUD melaksanakan Pilkada serentak di 264 daerah untuk seluruh Indonesia pada 9 Desember 2015. Pasca pemungutan suara, KPUD tiap daerah melakukan penghitungan suara di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilan­jutkan dengan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Selan­jutnya disusul dengan penetapan pemenang.

Usai penghitungan suara, MK membuka pendaftaran permohonan penyelesaian sengketa perselisihan suara dengan jangka waktu 3 x 24 jam. Setelah pendaftaran perkara, MK akan menangani perselisihan sengketa Pilkada selama 45 hari kerja. (h/vvn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM