Dugaan Korupsi APB Nagari Cubadak

Berkas Kasus akan Dilimpahkan ke PN pada Awal 2016


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:24:24 WIB
Berkas Kasus akan Dilimpahkan ke PN pada Awal 2016

Kejari Lubuk Sikaping menetapkan walinagari se­tem­pat sebagai tersangka sejak September 2014 lalu. “Kasus ini sudah berulang-ulang, dan harus dicari klarifikasi datanya ke pihak-pihak terkait. Kini berkas sudah selesai. Kami menar­getkan kasus ini awal tahun nanti sudah bisa dilim­pah­kan ke Pengadilan Negeri,” ujar Lubis, usai pemusnahan barang bukti ganja di depan Mapolres, Senin (27/12).

Berdasarkan hitungan, kata Lubis, kerugian negara pada kasus itu mencapai Rp195 juta. “Kasusnya akan segera dilimpahkan meski hasil audit BPKP Sumbar belum juga kami terima. Tersangka walinagari Cuba­dak dikenai Pasal 2, Pasal 3, dan Pasal 9 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Un­dang Nomor 20/2001 ten­tang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman hukuman mak­simal mencapai 15 tahun penjara,” ungkap Lubis.

Pihaknya juga telah me­me­­riksa dan memintai kete­ra­ngan puluhan saksi terkait de­ngan dugaan korupsi dana APB Nagari 2010–2013 itu. Sak­si yang diperiksa terse­but adalah perangkat nagari dan sejumlah pengurus pe­ne­­rima bantuan sosial, ter­ma­suk sekretaris nagari se­tem­pat.

“Dari keterangan para saksi, memang ada indikasi penyelewengan dana APB nagari dari peruntukannya. Penggeledahan di kantor itu juga sudah pernah kami lakukan, dan banyak bukti yang ditemukan,” katanya.

Pihaknya mulai menye­li­­diki kasus korupsi tersebut sejak September 2013. Akan tetapi, banyak kendala yang dihadapi oleh pihak­nya, salah satunya karena ko­rupsi tersebut terjadi pa­da em­pat mata anggaran. (h/col)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]