Sebagian Jorong Terisolir

Nagari Selayo Butuh Pembangunan Infrastruktur


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:25:05 WIB
Nagari Selayo Butuh Pembangunan Infrastruktur

Hadir dalam Mus­ren­bang itu Badan Musyawarah Nagarai (BMN) ninik ma­mak, pemuka masyarakat, generasi muda dan kaum ibu, Musrenbang itu dipim­pin langsung Walinagari Selayo Ijizar Syam.

Dalam Musrenbang itu dibicarakan tentang pemba­ngunan jalan, air bersih dan fasilitas ibadah. Yang paling mengemuka adalah masa­lah jalan sebagai urat nadi perekonomian. Masih ba­nyak jalan tanah di Nagari Selayo, terutama daerah pinggiran. Jalan tanah itu belum semua dikeraskan, kecuali di pusat nagari yang sudah diaspal hotmix.

Masyarakat sangat ber­harap alokasi dana untuk tahun 2016 yang jumlahnya mencapai Rp 1 miliar, bisa membenahi jalan-jalan jo­rong, seperti Jorong Batu Palano, Jorong Lurah Nan Tigo, Jorong Sawah Sudut, dan jorong lainnya yang belum diaspal.

Walinagari Selayo, Aji­zar Syam mengatakan, jika ruas jalan tersebut tidak ditingkatkan, masyarakat akan menggunakan pundak untuk membawa hasil tani­nya ke pasar. Kalau jalan tersebut dibuka dan dike­raskan atau dicor beton, akan bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Untuk mewujudkan per­soalan itu, dibutuhkan kepe­dulian semua masyarakat.

Sebelumnya Sabtu (27/12), warga bergotong royong di Kayu Manang, Jorong Batu Palano. Daerah Kayu Manang didiami oleh ham­pir 30 kepala keluarga. Na­mun daerah itu masih ter­isolir karena belum bisa diltempuh kendaraan roda empat. Hanya kendaraan roda dua yang bisa meng­akses ke daerah itu karena letaknya di lereng perbuk­itan yang berbatas langsung dengan Kota Padang. Pada goro yang berlangsung seha­ri penuh itu dikerjakan pembenahan jalan dan pem­bersihan lingkungan. Jalan ke Kayu Manang yang sebe­lum­nya jalan tanah kini sudah dikeraskan dengan cor beton. Itupun hanya dengan lebar 75 cm meter agar bisa dilewati kendaraan roda dua jika hari hujan.

Ajizar Syam mengakui kalau di Nagari Selayo ma­sih banyak yang harus dibe­nahi terutama infrastruktur jalan. Selama ini, pem­ba­ngu­nan di Selayo, terutama kawasan pinggiran, selalu terabaikan. Untuk pem­be­nahan itu sudah dimulai se­jak tahun lalu. Peme­rin­tahan nagari meng­alo­kasi­kan danan Rp 700 juta un­tuk pembangunan jalan. Pada tahun 2016 di­alo­ka­sikan lagi dana Rp 1 miliar untuk pembangunan yang sama. (h/alf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]