Tangkap Tersangka Pengedar

Polres Tanah Datar Amankan 4,35 gram Sabu-Sabu


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:25:48 WIB
Polres Tanah Datar Amankan 4,35 gram Sabu-Sabu

Jufri Efendi (25), ter­sang­ka yang menjadi kurir sekaligus pemakai adalah warga Jorong Koto Siba­wuak Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Tanjung Baru, Tanah Datar. Ia ditangkap bersama barang bukti dua paket sabu dan satu unit sepeda motor Yamaha Mio BA 4049 MQ. Saat ini pela­ku ditahan sementara di Mapolres Tanah Datar.

Kapolres Tanah Datar, AKBP Irfa Asrul Hanafi didampingi KBO Narkoba IPTU K M Sirait menga­ta­kan, saat pelaku ditangkap, bandarnya yang merupakan target operasi (TO) lang­sung menghilang. Ia telah teridentifikasi dengan ini­sial E dan saat digeledah di dua tempat, yaitu di Tanjung Baru dan Padang Gantiang, ia menghilang. “Sat Narko­ba Polres Tanah Datar akan mengejar TO tersebut,” kata AKBP Irfa kepada Haluan, Selasa (29/12).

Jufri yang merupakan pemain baru itu dijerat Pa­sal 114 Ayat 1 juncto Pasal 112 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Ten­tang Narkotika dan teran­cam hukuman kurungan penjara di atas lima tahun.

Ia menuturkan, pada momentum tahun baru ini permintaan pemakai terha­dap sabu dan ganja mening­kat. Polisi mengantisipasi agar generasi Tanah Datar tidak dirusak oleh bahaya narkoba tersebut.

“Kami tidak akan me­nang­guhan penahanan ter­ha­dap tersangka narkoba. Kami juga akan memproses kasus tersebut dan menga­wal sampai putusan. Kami tidak berhenti sampai di sini. Kami akan mencari tersangka lain,” ujarnya.

Sebelumnya, kata AK­BP Irfa, Jajaran Sat Narko­ba juga telah mengamankan ti­ga kilogram ganja kering di Kecamatan Sungai Tarab pada 14 Desember lalu. Meskipun ganja tersebut diamankan anggota, namun tersangka belum ditangkap meski kaki tersangka sem­pat ditembak anggota saat mencoba merampas senjata polisi. Mereka berhasil ka­bur karena dua orang pelaku berhadapan dengan satu anggota. Saat polisi menya­mar sebagai pemesan, pela­ku menentukan tempat per­temuan yang berpindah-pindah sehingga anggota lain yang membuntuti, ter­ting­gal saat transaksi dan penangkapan dilakukan.

AKBP Irfa juga ber­harap kepada orangtua un­tuk mengawasi anak-anak agar tidak menjadi  peng­guna atau pengedar nar­ko­ba, karena Tanah Datar yang merupakan daerah kun­jungan wisata, sangat rentan terhadap peredaran nar­koba. (h/fma)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]