Warga Nagari Guguk Sarai Butuh Embung Penahan Air


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:26:52 WIB
Warga Nagari Guguk Sarai Butuh Embung Penahan Air Nofi Candra

Walinagari Guguk Sa­rai, Darwin menyebutkan, ada­nya embung tersebut akan sangat  bermanfaat saat musim hujan ataupun kema­rau. Menurutnya, secara geografis nagari Guguk Sa­rai yang memiliki banyak perbukitan dengan tanah cadas, cenderung rawan banjir bandang ketika mu­sim hujan. Sementara saat musim kemarau, lahan per­tanian masyarakat menga­lami kekeringan air.

Sementara itu, kata Dar­win, hampir 80 persen pen­duduk di daerah itu hidup dari hasil pertanian dan perkebunan. Jika musim hujan tiba, adanya embung tersebut mampu menam­pung air yang berlebih. Se­lan­jutnya air di dalam em­bung akan dialirkan ke sa­wah-sawah petani yang ba­kal membutuhkan air saat musim kemarau.

“Kami berharap, mo­mok bagi sebagian besar petani di daerah ini dapat teratasi dengan di­bangun­nya embung,” sebutnya.

Pihaknya mengingatkan pemda untuk tidak berjanji saja, tapi juga merea­lisa­sikannya. Hal itu ditegas­kannya karena pada tahun anggaran 2015, Nagari Gu­guk Sarai mendapat ban­tuan untuk pembangunan embung dari APBD Sum­bar, namun dialihkan ke daerah lain.

Menanggapi aspirasi ma­­sya­­rakat tersebut, Nofi Candra yang hadir ke daerah itu bersama Ketua DPRD Kabupaten Solok, Har­di­nalis berjanji akan men­carikan solusi untuk menga­tasi keluhan masyarakat itu. Nofi yang duduk di Komite II DPD ini akan segera menyampaikan harapan ma­­sya­rakat tersebut kepada kementerian terkait.

Ia menegaskan, masalah ketersediaan cadangan air yang cukup bagi lahan per­tanian masyarakat adalah kebutuhan pokok yang ha­rus dipenuhi jika ingin me­ningkatkan produktifitas hasil pertanian. “Kehadiran kami ke daerah adalah un­tuk menampung aspirasi war­ga, yang akan kami sam­paikan kepada kementerian terkait,” ujarnya.

Terkait adanya pemin­da­han program pem­ba­ngu­nan embung melalui APBD Sumbar yang sebelumnya direncanakan dibangun di Nagari Guguk Sarai, Ketua DPRD Solok, Hardinalis, berjanji akan menelusuri kebenaran informasi itu. Di sisi lain, untuk pem­bangu­nan embung, tidak bisa ha­nya mengandalkan APBD So­lok yang terbatas.

“Kami akan telusuri alasan pemindahan pem­ba­ngunan embung itu. Sejalan dengan itu, kami akan me­ng­u­payakan untuk me­wu­judkan harapan masyarakat ini melalui APBD Peru­bahan 2016, baik melalui dana APBD Solok maupun APBD i Sumbar, atau mung­kin dengan dana di kemen­terian melalui perjuangan senator Nofi candra,” tutur­nya. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]