Libatkan Ribuan Mahasiswa dan Peneliti

Unand akan Himpun Semua Informasi Minangkabau


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:31:42 WIB
Unand akan Himpun Semua Informasi Minangkabau SALAH seorang pengunjung terkesima dengan pemandangan salah satu prosesi adat yang ditampilkan di Minangkabau Corner, Perpustakaan Unand, Selasa (29/12). (RAHMADHANI)

Rektor Unand, Tafdil Husni menyebutkan, kegia­tan itu dilakukan karena tergerusnya budaya Minang­kabau oleh arus globalisasi dan pergesekan budaya. Dengan mengumpulkan in­for­masi secara lengkap ten­tang Minangkabau, nilai-nilai luhur Minangkabau bisa disampaikan ke gene­rasi berikutnya.

“Cukup banyak naskah-naskah kuno Minangkabau yang tersebar di berbagai daerah dan sudah sulit un­tuk  dilacak. Ke depan hal ini tidak boleh terjadi. Mu­lai sekarang kami kum­pulkan semua informasi tentang Minangkabau untuk anak cucu agar tidak hilang tergerus zaman,” ucapnya saat peluncuran Minang­ka­bau Corner di Perpustakaan Unand, Selasa (29/12).

Baca Juga : Polisi Bekuk Kurir Sabu di Pinggir Jalan, Sejumlah Barang Bukti Disita

Pembina Minangkabau Cor­­ner yang juga Wakil Rek­­­tor I Unand Febrin Anas Ismail menyebutkan, de­ngan mendayagunakan ri­bu­an mahasiswa, peneliti, aka­­demisi, diharapkan in­for­­masi dari seluruh pelo­sok nagari bisa didokumen­ta­si­kan dalam bentuk profil na­gari di media digital. Ia ti­dak memasang target da­lam jang­ka waktu pendek untuk se­le­sai menghimpun data itu karena dibutuhkan ke­aku­­ratan sebelum data itu disa­jikan. Nantinya, terang Fe­brin, mel­alui jejaring Mi­nang­­ka­bau Unand.ac.id akan di­sa­ji­kan data profil nagari, in­for­masi budaya dan kuli­ner di masing-ma­sing naga­ri, pe­tatah-petitih, ranji ke­luar­ga di Minang­kabau, adat is­ti­adat secara spesifik dan in­for­masi lain­nya. De­ngan be­gitu, selain mengem­ba­­likan masyarakat Mi­nang­­kabau ke kondisi seha­rus­­nya de­ngan mengam­bil ni­lai-nilai luhur nenek mo­yang, juga bisa merajut sila­tu­­rahmi warga Minang­ka­bau.

Febrin mencontohkan, me­lalui ranji keluarga yang nan­ti ditampilkan, orang di pe­rantauan akan menge­ta­hui asal usul nenek mo­yang­nya, kejelasan lokasi kam­pung halamannya. De­ngan informasi yang ia da­pat­kan, ia akan datang ke kampung halaman yang se­la­ma ini tidak di­ketahuinya.  (h/eni)

Baca Juga : Kota Padang Punya Kran Air Siap Minum, Ini Lokasinya

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]