Tanpa Label Halal

Rendang Mustahil Tembus Luar Negeri


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:36:14 WIB
Rendang Mustahil Tembus Luar Negeri

Salah satu penyebabnya yakni karena tidak adanya label halal yang terdapat di kemasan rendang tersebut.

Hal ini diungkapkan Wa­likota Padang H. Mah­yeldi Dt Marajo saat me­resmikan Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) Aia Pacah, Selasa (29/12).

“Masakan khas Padang yang telah memiliki nama besar yakni rendang. Ren­dang tidak diterima di luar negeri karena belum me­miliki label halal,” ujarnya.

Mahyeldi menyebut, sa­ngat diperlukan label halal bagi setiap masakan khas, sehingga masakan itu dapat diekspor ke luar negeri.

“Dengan label halal, ren­dang dapat dikirim ke luar negeri, restoran dan hotel,” kata walikota.

Diceritakan Walikota, pernah suatu kali pe­ngun­jung asal Malaysia datang ke salah satu daerah. Ketika akan memasuki suatu res­toran, pengunjung ini urung memasuki restoran tersebut, sebab restoran tersebut ti­dak memiliki label halal. “Dengan label halal itu akan mempererat pergaulan in­ternasional, bukan lokal saja,” tutur walikota.

Karena itu, walikota berharap, Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Dis­pernak­bun­hut) Kota Padang perlu menyosialisasikan kepada restoran-restoran di Padang untuk memberi label halal restorannya.

“Pengunjung tak cukup dengan kepercayaan saja, akan tetapi mesti ada simbol label,” ujarnya.

Terkait keberadaan Ru­mah Potong Hewan Ru­minansia (RPH-R) Aia Pa­cah ini walikota berharap pola Aman Sehat Utuh Ha­lal (ASUH) yang dica­nang­kan dapat terwujud dengan baik. Melalui RPH-R ini juga menutup pencurian sapi.

“Dengan keberadaan RP­H-R ini akan mem­per­tegas itu dan memberi ja­minan (tidak terjadinya pencurian),” ungkap wa­likota.

Di sisi lain walikota mengatakan bahwa sejak dilaksanakannya konferensi pertemuan negara-negara di sepanjang Samudera Hindia (IORA) di Kota Padang, cukup banyak permintaan dari negara peserta kepada Kota Padang. Teranyar, ne­gara Mauritus mengi­ngin­kan PT Semen Padang die­k­s­por ke negaranya. Begitu juga permintaan ikan mu­jair.

Ke depan, Kota Padang akan mengekspor daging ke Perth, Australia. Apalagi saat ini telah terjalin ker­jasama antar kedua daerah (Padang - Perth) sebagai ‘Sister City’.(h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]