Bansos Sumbar Masih ‘Abu-Abu’


Rabu, 30 Desember 2015 - 02:59:59 WIB
Bansos Sumbar Masih ‘Abu-Abu’

Kepala Biro Sosial Setdaprov Sumbar Syahril dihubungi Haluan Selasa (29/12) sore di Padang mengatakan, memang ada wacana akan kembali disalurkan dana Bansos ini tahun depan. Anggarannya pun telah dialokasikan dalam APBD 2016.

 “Hanya saja ke depan penyaluran dana ini tidak lagi melalui nama mata anggaran Bansos, akan tetapi akan dicarikan regulasi yang cocok. Tapi hingga saat ini belum ada kejelasan, jadi kita harus menunggu,” terang Syahril.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Terkait dengan proposal permintaan dana Bansos yang datang dari masyarakat kata Syahril tahun 2015 ini tidak ada lagi proposal yang masuk, karena kebanyakan masyarakat telah diberitahu tentang tidak adanya anggaran Bansos ini.

 “Tahun lalu , itu memang masih banyak proposal yang masuk ke kita dan itu tetap kita tampung. Tapi karena memang dana ini masuk koreksian Ke­men­dagri akhirnya tetap tidak bisa disalurkan. Belajar dari tahun lalu masyarakat tahunya Bansos tidak ada lagi,” ujar Syahril.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar yang juga Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ke­men­dagri) reydonnyzar Moenek menuturkan, akan tetap menga­lokasikan dana hibah dan Bansos di APBD 2016. Hanya saja untuk penyalurannya akan dicarikan regulasi yang sesuai dan tidak melanggar ketentuan yang ada.

“Misalnya bantuan untuk pertanian itu tetap kita berikan hanya saja diperuntukkan untuk petani yang telah terdaftar di dinas terkait. Begitu juga dengan Gepem untuk nelayan, juga un­tuk nelayan yang sudah terdaftar juga,” jelasnya.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Ajak Pelanggan Catat Meter Mandiri, Ini Caranya

Saat ini kata Donny—sapaan akrabnya, pihaknya masih meng­kaji hal ini sehingga bisa direali­sasikan untuk tahun 2016 men­datang. “Kita masih kaji hal ini, jadi tunggu saja,” ucapnya.

Tak Tersedia

Baca Juga : Vaksinasi di Padang Sudah Bergulir, Nakes: Rasa Cemas Tertular Covid-19 Berkurang

Soal Bansos ini, keterangan  berbeda disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano saat ditemui di ruangannya, Senin (28/12).

Ia mengatakan, Bansos untuk individu dan kelompok masya­rakat dipastikan tak tersedia pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerag (APBD) Sumbar 2016. Kalangan DPRD men­ye­but, Bansos hanya akan dia­ko­modir di APBD Perubahan  ta­hun depan. Bansos di APBD 2016 hanya tersedia untuk lem­baga yang diatur Undang-Un­dang. Di antaranya untuk KONI, Pramuka, Kopri, dan PMI.

“Untuk yang lain-lain belum dianggarkan, karena belum di­veri­fikasi,” tutur Arkadius.

Ketentuan untuk mem­ve­ri­fikasi diatur dalam  Pemendagri no.32 tahun 2011 dan 39 tahun tahun 2012.  Rencananya, pada APBD Perubahan Sumbar 2016, DPRD akan memasukkan ang­garan sekitar Rp50 miliar.

Arkadius yakin, jika hibah bansos untuk masya­rakat miskin disalurkan, dapat mengangkat pere­konomian Su­m­bar secara signifikan.

Jelang penyusunan APBD-P proses verifikasi terkait yang akan menerima bantuan akan dilaku­kan. Ang­garan untuk verifikasi telah tersedia di APBD 2016.

Tentang ini, beberapa tahun terakhir Bansos untuk individu dan kelompok masyarakat me­mang sempat ditiadakan. Be­be­rapa yang menyebabkan di ant­ara­n­ya, adanya penilaian jika biaya untuk penya­luran Bansos me­ma­kan anggaran yang cukup besar dibanding nilai bansos yang di­salur­kan itu sendiri. Se­lanjut­nya, adanya persoalan ang­garan veri­fikasi yang cukup besar.

Kendati ada beberapa hal yang membuat Bansos sempat terhenti, namun kata dia bukan berarti Bansos mesti ditiadakan. Menurut Arkadius juga, sejumlah manfaat bisa dirasa­kan dengan adanya Bansos dan mampu mem­buat pere­ko­nomian masyarakat jadi lebih hidup.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Amora Lubis menga­takan, Bansos belum tersedia di APBD induk karena sesuai atu­ran,  bantuan ini ber­sifat by name by adress. (h/mg-isr/mg-len)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]