Sambut Tahun Baru 2016

Pemko Imbau Warga Merayakan dengan Sederhana


Kamis, 31 Desember 2015 - 02:56:15 WIB
Pemko Imbau Warga Merayakan dengan Sederhana

Disamping itu kepada warga juga diimbau untuk dapat menjaga nilai nilai agama, adat dan budaya yang ada di Bukittinggi pada malam penyambutan tahun baru. Pasalnya, se­tiap kali perayaan tahun baru di Bukittinggi, tidak saja diramaikan oleh warga kota namun juga dira­mai­kan oleh pengunjung dari luar kota dan propinsi.

“Kita tidak melarang warga ataupun pengunjung dari luar daerah untuk merayakan tahun baru 20­16 di Bukittinggi. Namun demikian kita juga meng­harapkan jangan terlalu berlebihan, apalagi sampai melakukan perbuatan yang melanggar ajaran agama dan tatanan adat dan bu­daya yang ada di Bu­kit­tinggi,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bu­kittinggi, Yuen Karnova, Rabu (30/12).

Dikatakannya, berkaca dari tahun tahun se­be­lumnya, setiap kali per­gantian tahun baru tingkat kunjungan wisatawan ke Bukittinggi selalu mem­bludak. Mereka yang da­tang tidak hanya untuk mengisi masa liburan tapi juga untuk merayakan ma­lam pergantian tahun baru.

Sebab, pada malam per­gantian tahun di Bu­kittinggi Jam Gadang ma­sih menjadi magnet dan tujuan utama bagi pe­ngun­jung yang datang. Dipre­diksi  pada malam per­gantian tahun kawasan Jam Gadang akan dipenuhi lau­tan manusia untuk mera­yakannya dengan pesta kembang api.

Menurut Yuen, setiap kali pergantian tahun baru warga terlihat  antusias menyambutnya. Sebab, pada pergantian tahun ba­ru itu ada yang diman­faatkan oleh warga  de­ngan  merayakannya de­ngan pesta kembang api, atau sekedar membakar api unggun dan kegiatan kegiatan lainnya.  Dan keadaan yang demikian itu sering terjadi dan sulit untuk melarangnya.

Hanya saja sebut Yu­en,  warga diimbau untuk tetap memelihara keter­tiban dan keamanan, agar perayaan menyambut da­tangnya tahun baru tidak berbuah menjadi petaka.  (h/tot)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]