Jelang Tahun Baru

Polres Bukittinggi Siapkan Dua Pospam


Kamis, 31 Desember 2015 - 02:56:55 WIB

Kapolres Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi meng­imbau kepada masyarakat yang akan berkunjung ke Kota Bukittinggi untuk te­tap melakukan cek fisik kendaraan dan membawa surat-surat kendaraan, agar nantinya kendaraan tidak macet di jalan dan membuat potensi kemacetan. Selain itu Kapolres juga meng­imbau kepada pengendara untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas, agar bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Menjelang detik-detik malam pertukaran tahun, diimbau kepada masya­ra­kat, terutama bagi anak muda agar tidak melakukan aktifitas di jalan raya yang bersifat ekstrim, seperti balap-balapan yang dapat menimbulkan kecelakaan dan korban jiwa,” ujar Ka­polres.

Menurut Kapolres, pe­nga­manan jelang tahun baru ini merupakan rang­kaian operasi lilin yang digelar Polri se-Indonesia, sehingga bisa menciptakan rasa aman dan nyaman bagi ma­sya­rakat pada saat pe­rayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

“Untuk operasi lilin kali ini, tidak jauh berbeda de­ngan tahun-tahun se­be­lum­nya. Namun demikian kami tetap memperhatikan lima titik pitu masuk ke Kota Bukittinggi ini. Pada Ope­rasi lilin 2016 kali ini, Polres Bukittinggi menurunkan lebih dari lima ratus per­sonil, terdiri dari gabungan Sat Pol PP, Kebangpol, Dis­hub dan TNI/Polri,” jelas Kapolres.

Seperti pada tahun se­belumnya, kawasan Jam Gadang diprediksi akan dipenuhi lautan manusia pada saat malam tahun baru 2016. Percikan api yang berwarna-warni dari ribuan kembang api yang meng­hiasi menara jam hadiah dari Ratu Belanda itu men­jadi magnet wisata bagi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Seperti yang juga terjadi sebelumnya, puluhan ribu hingga ratusan pengunjung yang datang ke Kota Bu­kittinggi juga diprediksi akan berdampak pada ke­macetan panjang di ber­bagai ruas jalan Kota Bu­kittinggi, serta di kawasan perbatasan kota.

Menghadapi kondisi ter­sebut, polisi juga meng­imbau masyarakat peng­guna jalan untuk mem­atuh­i setiap aturan maupun ram­bu-rambu, se­bagai lang­kah mengantisipasi kema­cetan, kesemrawutan hingga me­mini­malisir angka kece­lakaan.

Bagi pengendara dari arah Kota Padang yang ti­dak bertujuan ke Bukittinggi dan hanya melintasi Kota Bukittinggi, setidaknya ada beberapa jalur alternatif yang sama sekali tidak me­nyentuh Kota Bukittinggi, agar terhindar dari kema­cetan panjang.

Jalur alternatif itu ber­ada di jalur Koto Baru yan­g bisa tembus ke Simpang Tanjung Alam atau ke ka­wasan Biaro dan Baso, jalur Banuhampu yang juga bisa tembus ke Simpang Tanjung Alam atau ke kawasan Bi­aro dan Baso, dan masih banyak jalur alternatif lain­nya yang bisa ditempuh. Begitu juga untuk arah sebaliknya. (h/wan)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 20:09:41 WIB

    Satlantas Polres Pessel Tangkap Motor Berknalpot Racing

    Satlantas Polres Pessel Tangkap Motor Berknalpot Racing PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Satlantas Polres Pesisir Selatan mengelar operasi penertiban kelengkapan kendaraan bermotor, termasuk kendaraan yang menggunakan knalpot racing di jalur dua Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Painan,.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 15:25:46 WIB

    Cegah Karhutla, Polres Pessel Pasang Spanduk Himbauan

    Cegah Karhutla, Polres Pessel Pasang Spanduk Himbauan PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Kapolri melalui jajaran Polda dan Polres mengintruksikan agar melakukan pencegahan, penanganan kebakaran hutan serta lahan di wilayah hukumnya..
  • Senin, 17 Februari 2020 - 14:53:30 WIB

    Kapolres Pessel Terima Penghargaan dan Pin Perunggu dari Kapolri RI

    Kapolres Pessel Terima Penghargaan dan Pin Perunggu dari Kapolri RI PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Kapolres Pesisir Selatan (Pessel) AKBP. Cepi Noval, S.IK, menerima penghargaan dan Pin Perunggu dari dari Kapolri RI..
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 18:56:36 WIB

    Polres Limapuluh Kota Selidiki Percobaan Penculikan Anak

    Polres Limapuluh Kota Selidiki Percobaan Penculikan Anak LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Tim Satreskrim Polres Limapuluh Kota, bersama Polsek Harau, melakukan penyelidikan terhadap dugaan percobaan penculikan seorang siswa SDN 01 Sarilamak..
  • Ahad, 02 Februari 2020 - 16:37:48 WIB

    Lagi, Satres Narkoba Polres Pasaman Amankan Tersangka Sabu

    Lagi, Satres Narkoba Polres Pasaman Amankan Tersangka Sabu PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Dedi Rija Aprianes (35), warga Jorong Tiga Pertanian, Nagari Padang Mentinggi, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, dibuat tak berkutik saat dicokok oleh Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polre.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM