Padang Pariaman Butuh Ratusan Traktor Tangan


Kamis, 31 Desember 2015 - 03:02:13 WIB
Padang Pariaman Butuh Ratusan Traktor Tangan

“Di daerah Padangpariaman, luas lahan produktif 22.856 hektar dengan 1.116 kelompok tani, dan baru separuh yang memiliki traktor tangan,” kata Kepala Dinas Pertanian Peternakan Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Padang Pariaman, Yurisman Yakup kepada Haluan, Rabu (30/12).

Kelompok tani yang belum ada hand traktor, terkadang untuk mengolah lahan pertanian yang dimilikinya menyewa alat atau mengupahkanya ke pihak lain untuk menggiling sawah mereka untuk ditanami padi.

“Kita terus berupaya untuk mendapatkan bantuan hand traktor buat petani melalui provinsi dan pusat,” jelas Yurisman.

Untuk sementara, bagi petani atau kelompok tani yang tidak punya traktor tangan, bisa meminjam peralatan tersebut ke dinas pertanian kabupaten padangpariaman melalui surat peminjaman oleh kelompok tani.

Dinas Pertanian Kabupaten Padangpariaman ada 50 unit traktor tangan yang bisa dipinjam petani tentu dengan catatan dipinjam bersih, dikembalikan juga harus bersih.

Daerah ini sampai kini masih memprimadonakan pertanian padi sawah sebagai pemenuh kebutuhan lokal dan penupang ekonomi masyarakat terutama petani ke tingkat yang lebih baik. (h/tri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]