Warga Batang Gasan Menjerit

Jalan ke Puskesmas Rusak Parah


Kamis, 31 Desember 2015 - 03:02:45 WIB
Jalan ke Puskesmas Rusak Parah

Masalah ini selalu men­jadi keluhan oleh ma­sya­rakat setempat setiap da­tang untuk berobat ke Pus­kesmas tersebut atau men­dapat rujukan sanak ke­luar­ga­nya ke RSUD.

Dengan kondisi jalan yang rusak parah demikian, tentu mobil ambulance ti­dak bisa melaju cepat. Hal ter­sebut jelas sangat me­ng­ganggu dan, bisa berakibat fatal bagi pasien.

Kepala Puskesmas Ba­tang Gasan Yusnely Erza yang dihubungi haluan ke­marin, membenarkan prihal kondisi ruas jalan tersebut. Bahkan Yusnely mengaku setiap hari selalu menerima keluhan dari masyarakat tentang jalan menuju pus­kesmas itu.

Ruas jalan ke Puskesmas Batang Gasan diaspal pada tahun 1990. Dan setelah itu tidak pernah ada lagi perbaikan, bahkan sampai sekarang aspal jalan itu sudah 25 tahun.

Untuk itu katanya, su­dah saatnya pemerintah mengaspal kembali ruas jalan ke Puskesmas. Apalagi menyangkut soal pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

 Selain perbaikan ruas jalan, ia juga beharap ada­nya pe­nambahan mobil di­nas atau ambulance buat Puskesmas Batang Gasan. Sebab, de­ngan kendaraan yang ada sekarang, mereka sulit mem­berikan pelayanan yang lebih baik kepada ma­syarakat.

Untuk pelayanan ka­ta­nya, Puskesmas Batang Ga­san melayani masyarakat di dua nagari, yaitu Nagari Gasan Gadang dan Malai V Suku. Sebagian besar di­antaranya tidak bisa dijang­kau dengan angkutan umum. Jadi perlu ken­da­raan dinas. Bahkan sering pi­hak Puskesmas me­min­jam mobil masyarakat un­tuk menjangkau sebuah dae­rah atau untuk ber­uru­san ke ibukota, Pari­k­ma­lintang. (h/bus)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]