Ribuan Wisatawan Padati Istano Basa Pagaruyung


Kamis, 31 Desember 2015 - 03:08:56 WIB

Membludaknya kunjungan ke Pagaruyung disambut gembira warga sekitar, pasalnya sebagian warga dapat memanfaatkan keramaian di istana tersebut dengan berjualan berbagai macam dagangan, seperti pakaian, mainan anak-anak, makanan serta aksesoris wanita. Begitu juga dengan kalangan pemuda, mereka dapat memanfaatkan halaman sekitar Istana untuk menjaga parkir kendaraan para pengunjung.

Andes Filman (42), salah seorang pengunjung dari Pekanbaru kepada Haluan, Rabu (30/12) mengaku sangat bangga atas kemajuan Kabupaten Tanah Datar dan Istana Pagaruyungnya pun semakin tercelak.

“Saya asli Batu Sangkar, merantau ke Pekanbaru dan sudah lama tidak pulang kampung. Sejak Istana ini terbakar, pertama sekali kami sekeluarga berkunjung ke sini,” sebutnya.

Menurutnya, Istana Basa Pagaruyung ini mampu me­narik minat wisatawan asing dan domestik, karena orang banyak menyebutkan jika ke Sumatera Barat belum lengkap andaikan belum mengunjungi Pagaruyung.

Sementara, juru foto amatir di Istana tersebut di hari liburan ini merupakan suatu peluang untuk menambah penghasilan bagi keluarga mereka. Fotografer di Pagaruyung terdapat puluhan orang yang menawarkan jasanya di halaman istana dengan dilatar belakangi Istana Basa Pagaruyung.

Adrianaf (50), salah seorang fotografer di lingkungan istana tersebut mengatakan, rezeki yang didapat pada hari liburan melebihi hari-hari biasanya. “Saat liburan ini, penghasilan saya jauh meningkat dari hari biasanya, karena banyak para pengunjung menggunakan jasa kami untuk berfoto dengan berbagai latar belakang, seperti di dalam Istana Pagaruyung dan latar Istano,” jelasnya.

Adrianaf menyebutkan, pengunjung pada liburan kali ini diperkirakan ribuan perharinya, sementara itu dihari biasa hanya ratusan pengunjung. “Mudah-mudahan secepatnya program Pemda membangun jenjang 1001 di belakang istana selesai, sehingga semakin menambah pendapatan masyarakat Tanah Datar dibidang pariwisata ini,” harapnya. (h/fma)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 12:26:36 WIB

    Wabup RJM Bersama Ribuan Jama'ah dengarkan Tausiyah Ustadz Akhir Zaman

    Wabup RJM  Bersama  Ribuan Jama'ah dengarkan Tausiyah Ustadz Akhir Zaman DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Ribuan jama'ah tampak memadati Masjid Nurul Islam Jorong Lokok Lowe Nagari Koto Baru, Ahad (19/01/20). Kehadiran jama'ah ini adalah dalam rangka menghadiri Tabligh Akbar bersama Ustadz Ustadz Dzul.
  • Sabtu, 04 Januari 2020 - 10:06:31 WIB

    Bupati Hendrajoni Bagikan Ribuan Bibit Manggis di Kambang Utara

    Bupati Hendrajoni Bagikan Ribuan Bibit Manggis di Kambang Utara PAINAN,HARIAN HALUAN.COM. Bupati Pessel  Hendrajoni menyerahkan sebanyak 3800 batang bibit manggis  kepada petani Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lenggayang Pessel,  kata kabag Humas Pemda Pessel,Sabtu ( 4/12).
  • Kamis, 04 Juli 2019 - 00:08:01 WIB

    Ribuan Lansia di Dharmasraya Peroleh Bantuan Bupati Sutan Riska

    Ribuan Lansia di Dharmasraya Peroleh Bantuan Bupati Sutan Riska DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Para lanjut usia (Lansia) miskin di Kabupaten Dharmasraya tampaknya bakal diperingan beban hidupnya. Pasalnya Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bakal menggelontorkan bantuan kepada s.
  • Selasa, 04 Desember 2018 - 18:58:43 WIB

    HUT ke 228 Padang Panjang, Ribuan Pecinta Burung se Sumatera Ngumpul

    HUT ke 228 Padang Panjang,  Ribuan Pecinta Burung se Sumatera Ngumpul PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM – Ribuan pecinta burung berkicau se Pulau Sumatera, hadir di Kota Padang Panjang. Kehadiran para penghobi burung berkicau tersebut, untuk mengikuti festival dan kompetisi burung berkicau ya.
  • Jumat, 02 November 2018 - 11:37:47 WIB

    Pelayanan Simpati di Agam Rekam Ribuan Data Masyarakat

    Pelayanan Simpati di Agam Rekam Ribuan Data Masyarakat AGAM, HARIANHALUAN.COM- Program Sistem Pelayanan Tiap Hari KTP Elektronik (Simpati) KTP-el Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, rentang waktu September - Oktober mencapai ribuan data wajib e-K.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM