Tahun 2016 di Sawahlunto

Produksi Ikan Ditargetkan 200 Ribu Ton


Kamis, 31 Desember 2015 - 03:59:21 WIB

Hal ini sekaligus me­nutupi kekurangan produksi di tahun sebelumnya.

“Dari data yang di­him­pun tahun 2015, kita hanya mampu mencapai produksi ikan perairan darat se­ba­nyak 165 ribu ton, dari target semula sebanyak 170 ribu ton pertahunnya,” kata Kadis Pertahut Sawahlunto Hilmet.

Dari total data yang di­himpun itu sebutnya, ber­asal dari kolam milik ma­syarakat jenis air tenang dan kolam terpal, yang me­ru­pakan kelompok binaan dari pihaknya, dengan ban­tuan pengadaan bibit gratis hasil produksi Balai Benih Ikan (BBI) Muarokalaban, dengan total sebanyak 240 ribu ekor ikan berbagai jenis diantaranya, Nila, Pa­tin, Lele, Mas Rayo dan Gurame.

Ia menambahkan, untuk mengejar jumlah target itu pihaknya menerapkan ber­bagai macam strategi dian­taranya menambah kelom­pok binaan dan memacu produksi benih pada BBI, hingga mencapai 300 ribu ekor benih ikan berbagai macam jenis.Selain itu lan­jutnya, pada binaan unit pembenihan rakyat (UPR), juga akan ditingkatkan men­jadi 150 ribu ekor benih untuk jenis Mas Rayo dan 600 benih ikan lele.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Heri Sut­risno, tidak tercapainya target tahun 2015, dia­kibat­kan beberapa faktor salah satunya akibat kemarau panjang dan juga dise­babkan adanya kolam ikan milik kelompok masyarakat yang dalam masa perbaikan oleh pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui dana alokasi khusus (DAK) SILP­A tahun 2014 dan DAk 2015.

“Ada tiga kolam milik kelompok masyarakat yang diperbaiki melalui DAK SILPA 2014, dan dua ke­lom­pok mengunakan DAK tahun 2015,” sebutnya.

Ia berharap, upaya yang dilakukan pihaknya, akan dapat menyangga ke­bu­tu­han konsumsi ikan masya­rakat kedepannya, yang juga mampu menumbuhkan eko­nomi warga dari sektor budidaya ikan perairan da­rat. (h/mg-rki)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Februari 2020 - 10:46:46 WIB

    Mentan Targetkan Produksi Karet Cegah Kebuntuan Ekonomi Nasional

    Mentan Targetkan Produksi Karet Cegah Kebuntuan Ekonomi Nasional JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak semua pihak untuk menjaga dan mengoptimalkan sumber daya alam Indonesia dengan kekuatan dan kelebihan yang dimiliki..
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 18:34:04 WIB

    Wuihh! Produksi Manggis di Sumbar Capai 30 Ribu Ton Pertahun

    Wuihh! Produksi Manggis di Sumbar Capai 30 Ribu Ton Pertahun PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar, mengungkapkan di Sumbar komoditas yang paling menonjol yaitu manggis, dengan produksi mencapai 30 ribu ton setiap tahun. Begitu ju.
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 14:40:02 WIB

    KKP Targetkan Produksi Udang Capai 5 Ton Per Hektare

    KKP Targetkan Produksi Udang Capai 5 Ton Per Hektare BOGOR, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyebut pengembangan sektor budidaya perikanan menjadi prioritas di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Hal ini sesuai dengan amanat Presiden Joko .
  • Jumat, 22 November 2019 - 07:56:33 WIB

    China Produksi Baju dari Bahan Terlarang, Diklaim Antibau

    China Produksi Baju dari Bahan Terlarang, Diklaim Antibau NINGBO, HARIANHALUAN.COM - Mendengar kata ganja, umumnya yang terlintas di pikiran sebagian besar orang adalah tanaman psikotropika yang peredarannya masih dilarang di Indonesia. Namun di China, tanaman dengan nama latin Cann.
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 07:40:58 WIB

    Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Listrik

    Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Listrik TOKYO, HARIANHALUAN.COM - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) siap memproduksi mobil listrik (Battery Eectric Vehicle) di pabrik Karawang, Jawa Barat. Meskipun demikian, TMMIN belum bisa memastikan jenis mobil lis.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM