Jumlah Peserta KB Baru Tahun 2015 Lampaui Target


Kamis, 31 Desember 2015 - 04:17:26 WIB
Jumlah Peserta KB Baru Tahun 2015 Lampaui Target

Kendati demikian, Sa­tuan Kerja Perangkat Dae­rah (SKPD) ini tetap terus meningkatkan partisipasi aseptor baru. BPMPKB Ko­ta Padang, Selasa (29/12) lalu melaksanakan melak­sanakan KB-Kes Bha­yang­kara di Rumah Sakit Bha­yangkara.

Sebanyak 54 aseptor ba­ru berpartisipasi pada kegia­tan KB-Kes Bhayangkara yang menggunakan berbagai alat kontrasepsi.

Kepala BPMPKB Kota Padang, Muji Susilowati didampingi Kabid Keluarga Berencana, Indriati menga­takan, meningkatnya peng­gunaan KB ini sebagai ben­tuk sosialisasi yang semakin intensif dilakukan sehingga masyarakat kian sadar akan pentingnya KB tersebut.

Disebutkannya, KB tu­juan utamanya bukan saja membatasi jumlah anak yang lahir namun mengatur jarak kelahiran anak, serta memberikan kesehatan yang lebih baik kepada ibu dan anak. Selain itu, untuk men­jamin kesejahteraan kelu­arga dan pendidikan anak.

Lebih jauh disebutkan, kegiatan KB tersebut sela­ma ini didukung oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di­mulai Februari-Mei yang target 8.900 orang tercapai melebihi target atau 120,84 persen dengan jumlah 10.­755 orang. Lalu, kegiatan TNI KB Kes pada Juni-Oktober dengan tercapai melebihi target 12.087 orang atau 109,63 persen.

Sedangkan untuk ke­gia­tan PKK KB Kes pada Ok­tober-Desember ditar­getkan 5513 yang tercapai pada November sebanyak 4.131 orang atau 74,93 per­sen.

Namun, yang paling me­ngejutkan peserta KB pria dengan program MOP atau vasektomi yang meningkat lebih dari 1.000 persen. Ditargetkan hanya 9 orang, namun tercapai 95 orang.

Ditambahkannya, pen­capaian aseptor baru juga tak terlepas dari peran ka­der yang maksimal di lapa­ngan serta sarana dan prasa­rana  yang semakin leng­kap.(h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]