Target Pajak Tahun Ini Tak Tercapai


Kamis, 31 Desember 2015 - 04:17:49 WIB
Target Pajak Tahun Ini Tak Tercapai

Setiap hari Dinas Pen­dapatan Daerah (Dispenda) Kota Padang selalu me­ngevaluasi capaian atau target. Namun, target tahun ini diyakini tak capai 100 persen.

Realisasi pajak dari tar­get yang telah ditetapkan mencapai 94,52 persen. Sedangkan targetnya Rp 241 miliar.

Baca Juga : Tahun 2020, Capaian PAD Perumda AM Kota Padang Melebihi Target

Hal ini disampaikan oleh Kadispenda Kota Pa­dang Adib Alfikri bersama pegawai Dispenda di depan wartawan, Rabu (30/12). Kadispenda yang baru ini menceritakan bagaimana dispenda selalu mencapai target pajak yang ditetapkan kepada mereka.

Dalam evaluasi yang dilakukan kemarin itu, di­nas yang baru terbentuk tidak lama ini, meminta kepada jajarannya serta du­kungan kepada semua pi­hak.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Artikel HUT ke-46 Tahun

“Insya Allah hari ini dan Kamis besok itu sudah ada yang berjanji untuk melu­nasi dideadline akhir tahun. Jadi dari 11 objek pajak ada beberapa yang memang di­prediksi dari awal tidak akan tercapai 100 persen,” ucap Adib Alfikri.

Ia menambahkan, em­pat pajak yang dipastikan tidak akan tercapai target yakni Pajak Bumi dan Ba­ngunan (PBB), target Rp 42 miliar terealisasi Rp 34 miliar atau sekitar 82 per­sen.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

Hotel hanya tercapai 81,82 persen, pajak hiburan dari target Rp 3 miliar tere­alisasi Rp 2,3 miliar. Pajak air tanah target Rp 549 juta terealisasi Rp 404 juta.

“Empat ini memang tidak bisa kita capai. PBB yang paling tidak mungkin kita capai, sekitar Rp 8 miliar kita kewalahan,” tandasnya lagi.

Baca Juga : Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri

Sedangkan pajak rek­lame sudah melebih target yakni 102 persen, PPJ 170 persen, realisasi pajak parkir 127,6 persen, sarang burung walet realisasi 100 persen. PBHTB realisasi 105,76 persen.

“Yang tidak tercapai seperti  PBB, pajak hotel sehingga ini menjadi PR bagi Dispenda Kota Padang dan itu sudah kita coba buktikan. Namun, untuk tahun depan akan membuat formula yang baru. Jadi memang kontribusi terbesar itu memang ada di PBB yang membuat tidak mencapai 100 persen,” tandasnya.

Ia menekankan kendala di lapangan memang dika­renakan kesadaran masya­rakat yang masih rendah dalam membayar pajak.

“Untuk itu saya meng­himbau kita semua, bang­galah untuk  bisa mem­bayar pajak. Jangan bangga mencari celah atau keri­nganan dan berdalih untuk tidak membayar pajak. Ka­rena bagaimanapun pajak itu kewajiban kita semua sebagai masyarakat dan warga negara yang baik,” harapnya.

Namun, menurut Adib Alfikri ketika dia masuk ke Dispenda September silam, realisasi baru capai 56 per­sen. Seharusnya sudah 75 persen memasuki semester kedua tersebut.

“Berkat kerja keras kita semua, makanya bisa ter­capai 94,52 persen. Kita yakin dua hari ini bisa capai 95 persen,” tutup Adib Al­fikri.(h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]