Malam Pergantian Tahun

Polda Kerahkan 3.715 Personel, Sumbar Diprediksi Diguyur Hujan


Kamis, 31 Desember 2015 - 04:27:54 WIB
Polda Kerahkan 3.715 Personel, Sumbar Diprediksi Diguyur Hujan

Kapolda Sumbar Bri­g­jen Pol Bambang Sri Her­wanto mengatakan, dalam pe­ngamanan jelang per­gan­tian tahun baru tersebut pi­hak­nya akan menggunakan lang­kah represif dan pre­ven­tif untuk merealisasikan operasi tersebut.

“Kita telah mem­per­siap­kan pengamanan malam pergantian tahun baru de­ngan mengedepankan pen­cegahan. Hingga saat ini, data yang masuk ke ke­polisian baru 40 lokasi di Sumbar yang merayakan tahun baru, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan,” kata Bambang usai jumpa pers akhir tahun di Gedung Sabhara Polda Sumbar, Rabu (30/12).

Lebih lanjut dikatakan Bambang, hingga jelang pergantian tahun baru ke­mungkinan akan bertambah jumlah lokasi perayaan ter­sebut. Dan dalam pe­nga­manan itu, jumlah personel yang dikerahkan dalam ope­rasi pengamanan malam tahun baru berjumlah 3.715 personel. Selain itu, pe­nga­manan  tahun baru juga akan dibantu oleh TNI, Dinas Perhubungan Ko­mu­nikasi dan Informasi (Dis­hub Kominfo) dan pem­e­rintah daerah setempat.

“Personel tersebut kita se­bar untuk melakukan pen­­cegahan. Kami berharap ma­lam tahun baru di Sum­bar berjalan dengan kon­dusif dan tidak ada pihak yang dirugikan saat me­nikmati malam pergantian tahun,” harap Bambang.

Diprediksi Diguyur Hujan

Badan Meteorologi Kli­matologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Me­te­rologi Padang memprediksi wilayah Sumbar akan di­guyur hujan pada saat per­gantian tahun men­datang. Meski hujan yang turun dengan intensitas ringan namun berpotensi disertai petir.

Kepala Seksi (Kasi) Ob­s­evasi dan Informasi BM­KG Stasiun Padang Budi Iman Samiaji ke­pa­da Ha­luan Ra­­bu (30/12) siang mengatakan, secara umum kondisi wilayah Sum­bar masih berawan yang merata di seluruh wilayah Sumbar. Namun, potensi hujan ringan disertai petir berpeluang terjadi hingga malam pergantian tahun nanti.

“Potensi hujan ringan di Solok, Solok Selatan, Sa­wah­lunto, Sijunjung, Dhar­masraya, Solok Selatan, Pesisir Selatan, sebagian Padang, sebagian Agam, sebagian Tanah Datar, dan Batusangkar,” ujarnya.

Untuk potensi hujan ringan di sebagian Padang Panjang, sebagian Padang Pariaman,Kota Pariaman sebagian Solok dan se­bagian Padang.

Memasuki pergantian Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Sumbar akan menurunkan tim yang nantinya akan me­mantau titik keramaian acara pergantian tahun. Se­perti Padang, Solok, Bu­kit­tinggi, Pariaman dan area objek yang menjadi kera­maian selama pergantian tahun.

“Kita akan turunkan tim dimana setiap tim itu terdiri dari tiga orang yang nan­tinya akan memantau titik keramaian. Dalam tim ini sudah termasuk unsur dari dinas kesehatan yang nan­tinya juga siap dengan pe­ralatan medisnya,” terang Kepala BPBD Sumbar Zul­fiat­no melalui Kepala Bi­dang (Kabid) Kedaruratan Pagar Negara kepa­da Ha­luan Rabu (30/12) sore.

Sementara untuk kon­disi hujan yang diprediksi BMKG BPBD juga telah ber­koor­dinasi dengan tim reaksi cepat yang ada di daerah. Selain itu tiitk rawan longsor dan banjir juga telah disiapkan alat berat untuk mengantisipasi adanya ke­mung­kinan terjadinya long­sor yang akan menutup ba­dan jalan.

“Alat berat ini memang selalu kita siapkan seperti di Lembah Anai, Sitinjauluik, dan titik rawan lainnya,” ujar Pagar.

BPBD Sumbar juga me­ngim­bau kepada pe­ngen­dara agar tidak me­lew­ati daerah rawan longsor ketika hujan mengguyur karena akan sangat berbahaya. “Se­perti pengguna jalan dari Solok menuju Padang atau se­baliknya, itu harus ber­hati-hati di daerah Lubuk Kilangan, begitu juga de­ngan Solok Bukittinggi di Lembah Anai, dan jalur al­ter­natif Sicincin - Malalak,” paparnya.

Terkait dengan potensi hujan ringan yang disertai petir BPBD Sumbar juga me­ngi­ngat­kan agar tidak sem­barangan berteduh te­r­uta­­ma di bawah pohon yang bi­sa mengalirkan lis­trik. “Ka­lau hujan disertai petir usa­han berteduh di tempat aman, jangan di bawah po­hon,” imbaunya. (h/nas/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]