MAN 2 Bukittinggi

Tiada Hari Tanpa Inovasi Berbuah Prestasi


Sabtu, 02 Januari 2016 - 01:49:48 WIB
Tiada Hari Tanpa Inovasi Berbuah Prestasi Kepala MAN 2 Bukit­tinggi Dra. Roslindawati, RS, S.Pd

Betapa ti­dak, jalan da­ri pintu masuk yang dulunya ber­lubang –lubang dan tidak rata hingga pusat lingkungan, kini be­rubah rata, rapi dan bersih hingga nyaman dilalui ken­daraan maupun pejalan kaki.

Rumput-rumput liar yang hampir memenuhi la­han kosong bahkan dija­dikan tempat pembuangan sampah sebelumnya, kini berubah menjadi taman-taman bunga dilengkapi gazebo nan penuh pesona.

Baca Juga : Kolonel TNI Mati Dibunuh Rekan Sendiri Cuma Gara-gara Politik

Lebih menarik lagi, la­bor sains berupa miniatur mini penuh sentuhan artistic yang disebut satu-satunya labor unik  sangat mempe­sona, yang belum dimiliki sekolah yang sama di Suma­tera Barat. Demikian juga sejumlah bangunan ruangan belajar, kantor , perpus­takaan, labor, musholla, asrama siswa, kantin dan bangunan lainnya yang reot-reot segera direnovasi serta dilengkapi berbagai perala­tan yang sesuai kebutuhan.

Kepala MAN 2 Bukit­tinggi Dra. Roslindawati, RS, S.Pd yang dipercaya menakodai sekolah ini sejak Maret 2013 lalu mengung­kapkan, ketika mengawali tugas disekolah ini untuk melakukan perubahan ia mengajak warga sekolah dengan prinsip “Tiada Hari Tanpa Inovasi” untuk me­ciptakan suasana baru, baik membenahi lingkungan, sarana dan prasarana ad­minitrasi sekolah serta pro­gram-program unggulan bidang akademik maupun akademik.

Baca Juga : Apakah Malaikat akan Meninggal Layaknya Manusia?

Berkat tangan di­ngin­nya, diawal tugas, sekolah yang dipimpinnya berhasil  menduduki posisi pertama diatas kota Padang Panjang dan RRI Bukitttinggi seba­gai satker yang menyam­pai­kan LPJ Bendahara paling cepat, tepat dan akurat pada Tahun Anggaran 2013 (Po­sisi rekon s/d bulan No­pember 2013) . Terpilih sebagai juara pertama seko­lah sehat tingkat propinsi sumatera Barat 2014, Akre­ditasi sekolah naik B ke A 2014 serta meraih peng­hargaan sekolah Adiwiyata Nasional 2015.

Keberhasilan meraih sekolah Adiwiyata Nasional 2015, pemerintah kota Bu­kit­tinggi mengapresiasi de­ngan memberi penghargaan berupa piagam penghargaan dana sebesar Rp6.5 juta. “Sekaligus persembahkan MAN 2 bagi kota Bukit­tinggi dalam memperingati  HJK ke-231,” ungkap Ros­lin­dawati

Baca Juga : Cegah Korupsi Melalui Simplikasi Jabatan Fungsional

Seiring pembenahan pi­sik sekolah dibantu empat wakil kepala sekolah yakni wakil bidang Kurikulum Deswita, SP, bidang kesis­waan Asmudin, S.Pd, S.Ag, bidang sarana dan prasarana Drs. Jon Mawardi , bidang Humas keagamaan Can­dra,S.Pdi serta kepala TU Syafruddin, bersama selu­ruh guru terus berinovasi men­ciptakan program unggulan.

Dibidang akdemik, pem­­binaan oliempiade kepa­da siswa yang baru masuk lang­sung dilakukan klasifikasi olimpiade apa yang akan diikuti, baik ekonomi, fisika, kimia, matematika ataupun biologi. Kegiatan ini didu­kung sejumlah guru ber­kualifikasi S2 lulusan ITB dan UI diantaranya  Murni Dian, S.Pd.MFis, Hj. Kur­niati, S.Pd,MKim, dan Firda Roza, S.Si yang tanpa lelah melatih dan  mendidik siswanya.

Baca Juga : Belum Bayar Listrik? Yuk Segera Lunasi Agar Liburan Semakin Nyaman

Bagi siswa yang berhasil meraih gelar prestasi baik  iven ditingkat kota, propinsi apalagi nasional, pihak seko­lah memberikan reward termasuk kepada guru pem­bimbing. Berikutnya  yakni program  English Clinic. Dibawah binaan Mister Arian­to dan kawan-kawan, siswa   dilatih percakapan dengan mendatangkan turis asing kesekolah. Siswa pro­gram english clinik yang sudah diberi PIN wajib melakukan percakapan meng­gunakan bahasa Ing­gris baik dilingkungan mau­pun luar sekolah, pidato dan drama Bahasa Inggris.

Program unggulan beri­kut­nya yang tak kalah lanjut­nya, yakni Darul Arabi. Sama halnya dengan English clinic, Siswa dilengkapi PIN harus  menggunakan baha­sa arab dalam percakapan.  Khusus dalam program Da­rul Arabi, disamping Pem­bina yang ada, pihak  seko­lah akan mendatangkan syekh dari Arab, minimal dua kali sebulan.

Selanjutnya  program Tahfis Al Qur’an yang di­lak­sanakan pada mata pelajaran Mulok (Muatan LO­okal) dengan target seto­ran hafalan AlQur’an kepa­da guru pembimbing khsu­sus. Setiap akhir semester diadakan ujian tahfis hingga 10 juz, dan kepada peserta yang lulus diberikan sertifikat.

 Inovasi lainnya Untuk meningkatkan kualitas pen­didikan, pihak sekolah  meng­­gelar kegiatan pela­tihan cara cepat menghafal Al Qur’an, training Motivasi Siswa bertajuk “Mem­ban­gun Mental dan Spiritual Menghadapi Tantangan Glo­bal” dan Training Moti­vasi Guru dan pegawai  ber­ta­juk “Implementasi Lima Nilai Budaya Kerja Dalam Membangun Kinerja”.

Training motivasi belajar ini siswa dilatih  bagaimana cara menyeimbangkan otak kiri dan kanan. Sebab sela­ma ini, dalam belajar yang lebih aktif adalah otak kiri karena lebih banyak dengan materi bersifat hafalan, se­mentara kerja otak kanan kurang terlatih.

Prinsip kerja otak paling suka dengan tantangan dan perubahan, tidak terduga, spontan dan berubah-ubah berbeda dengan prinsip kerja otak kiri yang lebih terukur dan terencana, lebih mate­matis lebih detail. Sing­kat­nya, otak kiri lebih suka melakukan hal-hal yang sa­ma dengan cara yang sama, hal ini tentunya sa­ngat ber­ten­tangan dengan otak kanan yang sangat suka dengan perubahan dan tantangan.

Buah dari inovasi  MAN 2 berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Dia­taranya juara pertama  lom­ba KSM (Kompetisi Sains Madrasah) bidang ekonomi tingkat kota Bukittinggi dan provinsi Sumatera Barat serta  juara III tingkat nasio­nal atas nama Adek Saputri (siswa kelas XII IPS).

Lomba Hadist tingkat Sumatera Barat yang digelar di MAN 2 Padang, MAN 2 Bukittinggi berhasil keluar sebagai juara pertama atas nama Fadila Syahada(siswa kelas XII Keagamaan). Jua­ra Tulis dan baca puisi ting­kat Sumatera Barat berhasil meraih  juara II atas Fadi­latul Khaira (siswa kelas XII IPA).

Sementara lomba Aksi­oma Pidato Bahasa Inggris berhasil meraih   juara II tingkat kota Bukittinggi Putri atas nama Nova Aulia dan Juara II putra atas na­ma Syukri Afdal serta Juara III putra atas nama Rahmad syah Arif.

Berikutnya,  dengan me­manfaatkan kipas angin bekas, baterai bekas  serta barang-barang bekas lain­nya dibawah binaaan  Drs. Jon Mawardi dan Eva Za­riani, S.Pd. , dua pelajar yakni Aulia Risman Naim dan Indah Permata Sari siswa kelas XII IPA 1 ber­hasil menemukan energi listrik bertenaga angin dan berhasil mewakili kota Bu­kit­tinggi ketingkat Provinsi Sumatera Barat dengan Ju­dul Karya” Siswa MAN 2 Bukittinggi Berhasil Mene­mukan Energy Listrik” pada lomba KIR (Karya Ilmiah Remaja) 2014 yang digelar kementerian Agama be­kerja­sama dengan Lembaga Ilmu Pengetuan Indonesia (LIPI).

Pada Ujian Nasional (UN) 2015 keluarga besar MAN 2 kembali berbesar hati, karena berhasil meraih nilai  tertinggi tingkat Ma­drasah Aliyah (MA)  se- Sumatera Barat atas nama Adri Yasper. Atas keber­hasilan itu siswa yang kini jadi mahasiswa Fakultas Teknik Unand  mendapat apresiasi dari pemerintah kota Bukittinggi dengan menganugerahinya  re­ward  berupa piagam peng­hargaan serta uang sebesar Rp1,5 juta.

Berbagai keberhasilan itu kata Roslinda tak mung­kin diraih tanpa adanya dukungan luar biasa baik keluarga besar sekolah yang dipimpinnya, kementerian agama, pemerintah kota, masyarakat  maupun dari pihak keluarganya sendiri.

Berkat dukungan luar biasa, semua yang dilak­sanakan sebagaimana hara­pan kementerian agama de­ngan motto Madrasah Lebih Baik, Lebih Madarasah su­dah sangat terasa. Minat masya­rakat untuk menye­kolahkan anaknya ke MAN 2 terus mengalami peningkatan.

“Disamping masyarakat merasa bangga, anak-anak yang bersekolah juga merasa bangga, nyaman dan aman menjalani pendidikan di­ling­kungan yang asri , bersih, sehat dan  kondusif.  ***

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Januari 2021 - 16:34:07 WIB

    Kolonel TNI Mati Dibunuh Rekan Sendiri Cuma Gara-gara Politik

    Kolonel TNI Mati Dibunuh Rekan Sendiri Cuma Gara-gara Politik Peristiwa kelam pengkhianatan Partai Komunis Indonesia (PKI) menyisakan duka yang sangat mendalam bagi sejumlah korban. Tak hanya enam Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang jadi korban pembunuhan di Jakarta, ada pula .
  • Rabu, 20 Januari 2021 - 10:49:13 WIB

    Apakah Malaikat akan Meninggal Layaknya Manusia?

    Apakah Malaikat akan Meninggal Layaknya Manusia? Malaikat adalah salah satu dari sekian makhluk Allah SWT. Hanya saja dia diciptakan dengan sejumlah keistimewaan salah satunya adalah tak pernah melakukan maksiat. .
  • Senin, 21 Desember 2020 - 01:18:17 WIB

    Cegah Korupsi Melalui Simplikasi Jabatan Fungsional

    Cegah Korupsi Melalui Simplikasi Jabatan Fungsional Penyederhanaan organisasi menjadi isu yang kian menarik selama setahun terakhir ini. Dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Apratur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Nomor 28/2019 tentang Penyetaraan Jabatan Ad.
  • Ahad, 20 Desember 2020 - 19:33:23 WIB

    Belum Bayar Listrik? Yuk Segera Lunasi Agar Liburan Semakin Nyaman

    Belum Bayar Listrik? Yuk Segera Lunasi Agar Liburan Semakin Nyaman Jelang akhir tahun 2020, PLN gencar melakukan upaya penurunan tunggakan listrik dengan menghimbau masyarakat untuk membayar listrik tepat waktu. Ditargetkan pada akhir tahun 2020 tidak ada lagi pelanggan yang menunggak. Hal i.
  • Ahad, 06 Desember 2020 - 08:59:42 WIB

    Pendekatan  Grass Root, Strategi Kominfo Penuhi Target Partisipasi Pemilih

    Pendekatan  Grass Root, Strategi Kominfo Penuhi Target Partisipasi Pemilih Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan mitra strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam mengedukasi warga terkait Pemilihan Serentak 2020 yang dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Kelompok ini m.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]