Aset BPR Sumbar Mencapai Rp1,38 Triliun


Sabtu, 02 Januari 2016 - 03:28:44 WIB
Aset BPR Sumbar Mencapai Rp1,38 Triliun

“Pertumbuhan aset BPR triwulan III mulai me­ning­kat mencapai 7,2 persen, angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan triwulan II yang hanya 2,7 persen,” kata Kepala Perwakilan BI Sum­bar, Puji Atmoko, Kamis (31/12).

Ia menyampaikan hal itu dalam Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Sumbar Triwulan III 2015 yang di­ter­bitkan BI perwakilan Sumbar.

Baca Juga : Diklat 3 in 1 Batik Tulis Diharapkan Buka Peluang Usaha Baru di Pariaman

Menurut dia me­ning­katnya pertumbuhan aset disebabkan meningkatnya pertumbuhan ekspansi pe­nyaluran kredit oleh BPR di Sumbar setelah tumbuh negatif pada dua triwulan sebelumnya.

Ia menyebutkan jumlah dana pihak ketiga yang ber­hasil dihimpun BPR pada triwulan III mencapai Rp­1,18 triliun dengan pertum­buhan sebesar 15,1 persen atau tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan se­belumnya yang hanya 9,4 persen.

Baca Juga : Dua Nagari di Pessel Panen Durian, Hasil Produksi Capai Rp400 Juta

Untuk deposito tumbuh signifikan menjadi 24 persen pada triwulan III, sedangkan triwulan sebelumnya hanya tumbuh 16,6 persen, lan­jutnya.

Sementara itu, tabungan tumbuh menjadi 9,1 persen atau meningkat diban­ding­kan triwulan sebelumnya yang hanya 4,7 persen.

Baca Juga : Bitcoin Resmi Diakui di RI, Cek Daftar Cryptocurrency yang Boleh Diperdagangkan di Indonesia

Untuk pertumbuhan kre­dit setelah sempat tum­buh negatif pada periode sebelumnya, penyaluran kredit pada triwulan III 2015 mencapai 2,9 persen atau meningkat diban­ding­kan triwulan sebelumnya yang tumbuh negatif sebesar 2,8 persen, kata dia.

Ia mengemukakan me­ningkatnya pertumbuhan kredit ditopang oleh kredit modal kerja dan investasi, sementara kredit kon­sum­si relatif melam­bat.

Baca Juga : Resmi! Indonesia Ngutang Lagi Rp 7 Triliun ke Bank Dunia

Kredit modal kerja tum­­buh menjadi 0,8 per­sen di­bandingkan sebe­lum­nya tumbuh negatif 0,4 persen, sementara kre­dit investasi meningkat menjadi 6,9 per­sen dari sebelumnya sebesar 5,4 persen, ujarnya.

Sementara, Wakil Ke­pala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar, Bob Hasfian optimistis per­kembangan BPR di wilayah itu akan terus tumbuh ken­dati dalam beberapa tahun terakhir ada sejumlah bank yang ditutup.

“Saat ini jum­lah BPR di Sumbar ter­banyak di Sumatera, men­capai 100 unit, kami op­timistis akan terus tumbuh,” kata dia.

Menurut dia saat ini aset BPR di Sumbar mencapai sekitar Rp1,5 triliun dan jika dikelola dengan baik maka keberadaannya akan terus berkembang.

Meski saat ini secara eksternal terjadi pelemahan ekonomi global, namun jika dikelola dengan baik maka BPR akan bertahan, ujar­nya. (h/ans)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]