Terkendala Hasil Audit BPK

Polres Sawahlunto Sulit Bongkar Tiga Kasus Korupsi


Sabtu, 02 Januari 2016 - 03:33:37 WIB
Polres Sawahlunto Sulit Bongkar Tiga Kasus Korupsi

“Kami sudah meminta dokumen tersebut secara resmi melalui surat yang telah dilayangkan sebanyak tiga kali, tapi hingga kini tidak ada jawaban yang pasti dari kedua pihak itu, baik BPK Sumbar maupun BPK RI,” kata Ka­pol­res Sawah­lunto, AKBP Djoko Ananto di Sawahlunto, Kamis (31/12).

Padahal, tanpa do­ku­men itu, kata  AKBP Djoko, berkas yang diajukan ke pihak kejaksaan

tidak bisa mencapai sta­tus P -21 atau lengkap. Se­men­tara apabila pihaknya mendapatkan dokumen au­dit yang diminta itu, maka akan dapat melengkapi ber­kas penyidikan perkara du­ga­an tindakan korupsi yang sedang ditangani Polres Sawahlunto, sebab berkas tersebut merupakan salah satu syarat dalam me­netap­kan adanya dugaan kerugian negara.

Meski demikian, AKBP Djoko menyatakan, pihak­nya berkomitmen untuk terus mengupayakan do­kumen yang diperlukan tersebut, meski pada prin­sip­nya tidak ada

alasan BPK RI untuk tidak menyerahkan yang diminta oleh penyidik, ka­re­na tugas mereka hanya sebatas menentukan adanya temuan kerugian keuangan negara dalam suatu kegiatan yang dilakukan oleh insti­tusi terkait.

“Kami bertekad akan bekerja profesional. Kami \ akan terus mengungkap kasus yang terjad tanpa tebang pilih. Semua yang bersalah harus mem­per­tang­gu­ng­jawabkan per­buatan­nya,” ujar AKBP Djoko tanpa mau menyebutkan tiga kasus korupsi tersebut.

Sebelumnya, ia men­yampai­kan, sepanjang tahun 2015, terjadi 158 tindak kasus pidana di wilayah hukum Polres Sa­wah­lun­to. Tindak pidana yang paling menonjol adalah tindakan pencurian dengan pem­be­ra­tan sebanyak 30 kasus, di­susul oleh tindak peng­gelapan sebanyak 20 kasus, pencurian kendaraan ber­motor 10 kasus, Kekerasan Dalam Rumah Tangga 10 kasus, serta penyalahgunaan narkoba sebanyak 7 kasus.

“Dari 158 kasus itu, ya­ng terselesaikan baru s­e­kitar 60 persen, yakni se­banyak 95 kasus. Sisanya menjadi PR kami pada ta­hun 2016. (h/mg-rki)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]