DPRD Akan Bahas 48 Ranperda Tahun 2016


Sabtu, 02 Januari 2016 - 03:37:50 WIB
DPRD Akan Bahas 48 Ranperda Tahun 2016

“Tugas DPRD Padang cukup berat untuk program legislasi daerah (Prolegda) Ranperda 2016, sehingga setiap anggota dewan perlu meningkatkan kinerja,” kata Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra saat paripurna penutupan masa sidang III 2015, sekaligus pembukaan masa sidang 1 2016 di Gedung DPRD Padang, Kamis.

Ia mengatakan keseluruhan Ranperda tersebut merupakan produk hukum yang dibutuhkan baik oleh pemkot maupun masyarakat dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

“Perlu sinkronisasi, harmonisasi dan komunikasi yang transparan antara Pemkot, DPRD serta pemangku kepentingan lainnya, termasuk peningkatan pengawasan dari dewan untuk mempercepat pembangunan kota 2016,” katanya.

Sekretaris DPRD Kota Padang, Ali Basyar menga­takan jumlah Ranperda yang akan dibahas pada 2016 mengalami peningkatan dari 2015 yang hanya meng­hasilkan 12 Perda.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

Selain 48 Ranperda itu, ia mengatakan terdapat beberapa agenda lainnya pada masa sidang 1 Januari hingga April 2016, di antaranya rapat pimpinan dengan ketua fraksi, rapat panitia khusus, rapat komisi, rapat alat kelengkapan DPRD lainnya, kunjungan kerja, bimbingan teknis, seminar tugas pokok dewan, pengesahan musyawarah daerah dan cek kesehatan.

“Pada setiap Senin akan diadakan rapat pimpinan fraksi dan alat kelengkapan DPRD lainnya. Kegiatan ini akan terus berlangsung hingga paripurna penutupan masa sidang I pada 29 April 2016,” ujarnya.

Baca Juga : Jadikan Padang Kota Bersih, Danlantamal II Ajak Warga Perang dengan Sampah

Sementara Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan adanya agenda masa sidang 1 termasuk pembahasan 48 Ranperda diharapkan mampu mem­percepat pembangunan di Padang, serta menyem­purnakan hal-hal yang belum dapat dilaksanakan maksimal pada 2015.

“Pemkot juga telah menargetkan agar kegiatan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan dimulai pada Januari 2016 dengan minimal dua kegiatan per SKPD agar agenda yang dicanangkan tidak menumpuk pada Maret, Mei atau akhir tahun,” jelasnya. (h/ans)

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]