Kelompok Bersenjata di Aceh

Jokowi: Minimi Bakal Dapat Amnesti


Sabtu, 02 Januari 2016 - 04:04:31 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pe­me­rintah akan memproses per­mohonan amnesti untuk anggota kelompok Din Mi­ni­mi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Nanti akan kita beri­kan, tapi ada prosesnya,” katanya dikutip dari la­man setkab.go.id pada Ju­mat (1/1).

Menurut Presiden Joko­wi, pemerintah sudah lama berupaya mengajak kelom­pok bersenjata di Aceh itu berperan kembali dalam pembangunan, dan meng­akhiri pertarungan yang terus berlangsung selama bertahun-tahun.

Adapun pembicaraan mengenai permohonan am­nes­ti itu, menurut Presiden Jokowi, juga sudah bebe­rapa kali dilakukan sampai anggota kelompok itu ber­se­dia menyerahkan diri.

Presiden juga memas­ti­kan akan memproses setiap ke­inginan dari kelompok ber­­senjata lain yang me­ngi­ngin­kan mendapatkan am­nes­ti. Prinsipnya peme­rin­tah akan mengedepankan pen­dekatan lunak dalam ber­dialog dengan kelom­pok-kelompok bersenjata itu. “Semua akan kita proses dengan pendekatan lunak. Kalau sulit, akan ditindak tegas. Semua harus matang dulu baru diputuskan,” ka­tanya. 

Sebagaimana diketahui kelompok bersenjata pim­pinan Din Minimi menye­rahkan diri bersama sekitar 120 orang anggotanya ke­pa­­da Kepala BIN Sutiyoso, di Desa Ladang Baro, Keca­matan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (29/12). Dalam penyerahan itu, ke­lom­pok ini juga menye­rahkan belasan pucuk sen­ja­ta, amunisi, dan granat. (h/rol)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM