Tahun Baru Kapolda Baru


Sabtu, 02 Januari 2016 - 04:05:13 WIB
Tahun Baru Kapolda Baru

Dalam TR Kapolri No : ST/2718/XII/2015 yang ditandatangani Wakapolri Komjend Drs Budi Gunawan itu, job Kapolda Sumbar akan diisi jenderal bintang satu lainnya, yakni Brigjend Pol Drs Basarudin. Basarudin adalah jebolan Akpol tahun 1988 dan merupakan junior Bambang di Akpol.

Hanya saja, kapan dilantik, Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi mengaku belum tahu secara pasti detailnya. Brigjend Pol Drs Bambang Sri Herwanto menjadi Kapolda Sumbar menggantikan Brigjen Pol Drs Nur Ali (sekarang berpangkat Irjen) yang promosi menjadi Kapolda Jawa Tengah.

Polda merupakan satuan pelaksana utama Ke­wilayahan yang berada di bawah Kapolri yang bertugas menyelenggarakan tugas Polri pada tingkat kewilayahan tingkat Provinsi atau Daerah Istimewa.

Tugas Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlin­dungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masya­rakat. Sebagai pimpinan tertinggi di Polda Sumbar, Bambang Sri Herwanto sudah menjalankan perannya dengan baik. Selama kepemimpinnya di Polda Sumbar, nyaris tak ada pelanggar hukum yang menonjol yang dilakukan anggotanya.

Kehadiran Bambang Sri Herwanto di Sumbar bertepatan dengan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2015. Terkait pilkada serentak ini Bambang menya­takan bahwa ada tiga target atau ukuran untuk pemilu sukses dan aman.  Pertama tidak ada asap, kedua tidak ada pecah, ketiga tidak ada darah menetes. Maksudnya dengan tidak ada asap itu ialah, tidak adanya pem­bakaran, tidak ada perusakan. sedangkan tidak ada kaca pecah itu maksudnya tidak ada perkelahian, tidak ada aksi anarkis. Tidak ada darah menetes maksudnya tidak ada pembuhuan atau kecelakaan, yang terkait dengan pilkada.

Alhamdulilah, target yang dicanangkan Bambang tercapai. Tiga ukuran sukses pilkada yang dipatoknya hingga saat ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tiga ada asap, tidak ada pecah dan tidak ada darah menetes.

Bambang Sri Herwanto juga dapat menjaga netralitas anggotanya selama pelaksanaan pilkada. Selain itu, Bambang juga dikenal dekat dengan masyarakat dan berhasil menjalin komunikasi dengan baik dengan semua unsur pimpinan di Sumbar.

Selama tahun 2015, juga terjadi penurunan jumlah kasus tindak pidana di Sumbar. Jika tahun 2014 tindak pidana di Sumbar mencapai 17.960 kasus, maka tahun 2015 hanya tercatat 16.940 kasus tindak pidana.

Namun demikian, Bambang mengakui masih banyak hal yang harus dibenahi di tubuh jajarannya.

Kita harapkan Kapolda Sumbar yang baru nantinya Brigjend Pol Drs Basarudin dapat lebih sukses lagi mengemban amanah.

Brigjend Pol Drs Basarudin sendiri sebelumnya  pernah menjadi Ajudan Wapres Boediono selama tiga tahun sejak 2009 hingga 2012. Setelah itu, ia dimutasi menjadi Wakapolda DIY dan Sumut sebelum akhirnya menjabat sebagai Kepala Biro Perawatan Personil SSDM Polri dan dipercaya sebagai Kapolda Sumbar pada tahun 2016 ini. ***

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]