Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Melambat


Sabtu, 02 Januari 2016 - 05:48:06 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Melambat

Kemudian, mengalami perlambatan yang siginifikan ke 4,71 persen di triwulan III. Ini untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir pertumbuhan ekonomi pada triwulan III 2015 berada di bawah pertumbuhan ekonomi nasional.

Kepala Kantor Bank Indonesia wilayah Sumbar Puji Atmoko, Senin lalu di Padang menyampaikan, perlambatan pertumbuhan ekonomi tersebut berasal pelemahan ekspor karena berlanjutnya penurunan harga komoditas ekspor utama Sumbar yaitu CPO dan karet, serta imbas penurunan tingkat daya beli masyarakat yang berdampak pada perlambatan tingkat konsumsi rumah tangga. 

“Indikasi perlambatan itu terlihat pada sektor-sektor utama seperti perdagangan, industri olahan, serta transportasi dan pergudangan,” ujarnya.

Seperti halnya di tingkat nasional, proses de-industrialisasi juga terjadi di Sumbar. Pangsa industri pengolahan terhadap PDRB Sumbar terus turun, dari 13 persen pada tahun 2006 menjadi 11,5 persen pada tahun 2014. “Padahal sektor ini kami yakini mampu menggerakkan roda perekonomian Sumbar menjadi lebih cepat,” tambahnya.

Sejalan dengan kondisi ini kata Puji, kegiatan investasi pun masih berjalan lambat karena minimnya aktivitas industri berskala besar. Ada sejumlah kendala seperti masih tingginya ketidakpastian dalam hal regulasi, hukum dalam persoalan tanah ulayat. Di tengah terbatasnya investasi pihak swasta, peran pemerintah daerah sangatlah diharapkan terutama melalui percepatan belanja infrastruktur pemerintah guna menstimulus perekonomian Sumbar tumbuh lebih tinggi.

Pada tahun 2016, Puji memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sumbar sampai kepada 5,2-5,6 persen.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Prof, Dr, Werry Darta Taifur SE, MA usai gelar Seminar Nasional dalam tema’Menjawab Tantangan Baru Ekonomi Sumbar’, Senin (28/12) di Aula Nan Tongga BI Sumbar juga menyampaikan, bahwa pada tahun 2016 lebih banyak tantangan baru yang harus dihadapi untuk pere­konomian Sumbar.  (h/mg-win)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]